Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sarkem Fest 2024 di Yogya Angkat Tradisi Apeman Jelang Ramadan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar Pasar Kembang (Sarkem) Fest 2024 pada 1-2 Maret. Dalam gelaran tahun ini, Sarkem Fest mengusung tema Kenduri Ruwahan Apem.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko menjelakan tea Kenduri Ruwahan Apem diangkat pada Sarkem Fest Kali ini karena Warga Sosromenduran dimana Sarkem Fest ini digelar memiliki tradisi budaya yakni apeman.

Apeman, bagi warga masyarakat Sosromenduran, Kota Yogyakarta digelar untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

"Sarkem Fest mengusung tradisi Ruwahan yang identik dengan Apeman yang merupakan tradisi Warga Sosromenduran setiap menjelang Ramadan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (3/1/2024).

Selain untuk mengangkat tradisi apeman, Sarkem Fest juga bertujuan untuk ajang promosi potensi pariwisata kawasan Sosrowijayan dan Pasar Kembang dalam rangka untuk memperkuat daya tarik wisata Kota Yogya.

Kirab ini dimulai dari panggung utama yang berada di depan Patra Malioboro Hotel kemudian melintasi Jalan Pajeksan, Jalan Pasar Kembang, Jalan Malioboro, dan kembali ke panggung utama.

Sebelum dibagikan kepada masyarakat dan wisatawan, lanjutnya, gunungan tersebut terlebih dahulu ddoakan. Terdapat 500 orang yang berkontribusi dalam acara ini.

"Penyerahan apem ini merupakan simbol silaturahmi dan permintaan maaf, sehingga setiap orang akan lebih siap dalam menjalani ibadahny selama Ramadan," jelasnya.

Dalam acara tersebut juga menyajikan berbagai kesenian mulai dari tari anak, hadroh, penampilan musik tradisional, pop Jawa dan remix yang dimainkan oleh seniman-seniman Yogyakarta. Selain itu terdapat 20 booth bazar Ekraf yang diisi produk-produk UMKM.

"Hal ini menunjukkan bahwa seniman dan masyarakat Sorsomenduran siap menyambut semua wisatawan yang datang ke Kota Yogya," imbuhnya.

https://travel.kompas.com/read/2024/03/03/120100427/sarkem-fest-2024-di-yogya-angkat-tradisi-apeman-jelang-ramadan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke