Penyu Hijau dan Ubur-ubur Terbalik Daya Tarik Derawan

Kompas.com - 21/06/2013, 13:31 WIB
Penyu di perairan Pulau Derawan, Kalimantan Timur. KOMPAS/EDDY HASBYPenyu di perairan Pulau Derawan, Kalimantan Timur.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata bahari menjadi daya tarik Kepulauan Derawan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Seperti diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu (Menparekraf), Kepulauan Derawan memiliki 31 pulau dengan ciri khas tersendiri.

"Ada banyak kekhasan Derawan. Di sana ada penyu hijau dan ubur-ubur yang tidak menyengat. Saya sudah menyelam di sana," kata Mari saat jumpa pers peluncuran "Festival Derawan 2013", di Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Menparekraf menuturkan ada banyak pulau yang menjadi tempat bertelur para penyu. Wisatawan bisa melihat langsung para penyu hijau tersebut. Selain itu, tutur Mari, wisatawan juga diajak melakukan pelepasan tukik.

"Derawan merupakan habitat penyu hijau terbesar di Asia," kata Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak.

Selain itu, di Pulau Kakaban yang tak berpenghuni terdapat danau berisi ubur-ubur. Uniknya, seperti dituturkan Awang, ubur-ubur tersebut terbalik dan tidak menyengat.

Wisatawan, menurut Mari, bisa berenang bersama ubur-ubur. "Bisa kita pegang-pegang ubur-uburnya," cerita Mari.

Sementara itu, Pulau Maratua tak kalah menariknya. Menurut Mari, di pulau ini terdapat banyak homestay dan resor. Wisatawan bisa menikmati pulau yang masih alami cukup dengan berjalan kaki keliling pulau.

"Oleh karena itu, kita dorong untuk wisata keindahan laut di Derawan," ungkap Mari.

Salah satunya adalah melalui Festival Derawan 2013 yang akan berlangsung pada Juni hingga September 2013. Bupati Berau Makmur HAP. K. berharap wisata bahari yang dikembangkan di Derawan juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X