Kompas.com - 04/10/2013, 14:22 WIB
Nusa Penida di Kabupaten Klungkung, Bali. WWW.NUSAPENIDA.COMNusa Penida di Kabupaten Klungkung, Bali.
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Obyek wisata Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, dipromosikan pada acara "Province Official Workshop Marketing Your Province Effectivily" pada 13-15 November 2013 di Melbourne, Australia.

"Bali harus tetap melancarkan promosi jika ingin menggaet turis asal Australia lebih banyak di masa-masa mendatang dengan mengikuti berbagai kegiatan pasar potensial," kata pengamat pariwisata Tjokorda Gede Agung di Denpasar, Jumat (4/10/2013).

Dalam pameran seni budaya itu Provinsi Bali diwakili Pemkab Badung, Pemkab Gianyar, Pemkab Bangli, dan Pemkab Klungkung.

Promosi itu tetap gencar, walaupun turis Australia paling banyak datang berlibur di Bali selama ini.

"Keindahan alam di bawah laut Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan sangat cocok dipromosikan ke Auatralia, mengingat pelancong asal negara tetangga itu lebih senang untuk berlibur dengan kawasan wisata pantai atau pesisir," kata Tjok Agung.

Menurut Tjok, Australia selama ini dikenal sebagai pasar potensial pariwisata Bali karena selalu paling banyak memberikan kontribusi terhadap kunjungan turis ke Pulau Dewata.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali Jumlah wisatawan Australia berkunjung ke Bali selama Januari hingga Agustus 2013 mencapai 530.861 orang dan menempati urutan teratas atau terbanyak dibanding negara lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Wisatawan menikmati sore di Pantai Kuta, Bali, Sabtu (22/6/2013). Keindahan wisata pantai di sejumlah kawasan di Bali seperti Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua dan Tanjung Benoa masih menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
Jumlah kedatangan turis Negeri Kanguru itu peranannya sebagai pemasok turis ke Bali mencapai sebesar 25,28 persen dari total wisatawan mancanegara berlibur ke daerah ini sebanyak 2,1 juta orang selama delapan bulan pertama 2013.

Dia memaparkan, kunjungan turis Australia yang terbang langsung dari negerinya ke Bali belakangan ini ada tanda-tanda berkurang, namun jumlahnya relatif kecil yakni 0,64 persen jika dibandingkan periode sama 2012 yang mencapai 534.304 orang.

"Niat pemerintah melancarkan promosi pariwisata ke Australia sangat tepat. Jangan mengikuti pengalaman dari Jepang, baru melakukan promosi setelah turis Negeri Matahari Terbit itu lesu berlibur ke Pulau Dewata," tambah Tjok Agung.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.