Kompas.com - 05/11/2014, 14:03 WIB
Kunjungan Menteri Pariwisata, Arief Yahya ke Indonesia International Book Fair (IIBF) 2014. Di sana, Arief sempat mengunjungi stand Buku Korea, Selasa (4/11/2014) KOMPAS.com/SRI NOVIYANTIKunjungan Menteri Pariwisata, Arief Yahya ke Indonesia International Book Fair (IIBF) 2014. Di sana, Arief sempat mengunjungi stand Buku Korea, Selasa (4/11/2014)
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan Arief Yahya ke Indonesia International Book Fair (IIBF) 2014 malam tadi, Selasa (4/11/2014) membuatnya sedikit prihatin akan wisata literasi yang masih memiliki sedikit peminat.

"Kalau saya hadir di sini, saya mewakili bidang Ekonomi Kreatif. Sayang, kontribusi acara literasi sebagai bentuk implementasi Ekonomi Kreatif seperti ini terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) memang masih tergolong rendah yaitu 8 persen. Masih kalah dibanding acara fashion yang sedang berlangsung, bidang fashion berkontribusi 30 persen," ungkap Arief.

Hal tersebut memang terlihat dari jumlah kunjungan acara. Dibandingkan dengan acara fashion yang juga sedang berlangsung, gelaran wisata literasi seperti IIBF 2014 ini memiliki lebih sedikit pengunjung, terlebih di hari biasa seperti ini.

Tetapi menurut Arief, berkembangnya acara-acara seperti ini sangat lah baik untuk menumbuhkan budaya literasi khususnya untuk mereka yang masih muda.

"Kita hanya perlu terobosan saja. Mungkin buku fisik harus beralih pada buku digital," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.