Kompas.com - 09/12/2014, 18:34 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
GILI TRAWANGAN, KOMPAS.com - Gili Trawangan merupakan pulau wisata yang menjadi incaran pelancong mancanegara termasuk wisatawan domestik. Sebuah pulau kecil di sebelah barat Pulau Lombok dan masuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ada tiga pulau kecil di Kabupaten Lombok Utara ini yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Namun Gili Trawangan paling pertama naik daun, juga paling ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Cara menuju Gili Trawangan bisa melalui Pulau Bali maupun Pulau Lombok.

Dari Pulau Bali, bisa naik fastboat dari Pelabuhan Padangbai dan langsung turun di Gili Trawangan. Lama perjalanan di atas kapal sekitar 1,5 jam. Pilihan lain bisa melalui Pelabuhan Benoa, juga dengan fastboat. Tarifnya lumayan mahal, di atas Rp 500.000.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pelabuhan Bangsal, di Kabupaten Lombok Utara, NTB. Dari pelabuhan ini, wisatawan menyeberang ke Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan menggunakan perahu.
Pilihan murah bisa dengan kapal feri dari Pelabuhan Padangbai ke Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Tentu waktu lebih lama sekitar 4 jam. Dari Lembar untuk menyeberang ke Gili Trawangan, harus ke Pelabuhan Bangsal terlebih dahulu.

Cara lain adalah melalui Pulau Lombok. Untuk menuju Pulau Lombok bisa melalui jalur udara dan masuk lewat Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Lalu dari BIL arahkan perjalanan ke Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara. Bisa juga ke Senggigi menggunakan fastboat dari Bali.

Kisaran biaya taksi atau sewa mobil dari BIL sebesar Rp 250.000 - Rp 350.000. Bisa juga naik Damri sampai Senggigi, lalu dilanjutkan naik taksi. Lama perjalanan dari BIL ke Teluk Nara sekitar 2 jam.

Biasanya wisatawan lebih senang melalui Teluk Nara, sebab dari tempat parkir mobil ke speedboat sangat dekat. Sementara di Pelabuhan Bangsal, dari tempat parkir mobil harus berjalan kaki terlebih dahulu sampai dermaga atau naik cidomo (sejenis delman).

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan menuju Gili Trawangan menggunakan kapal cepat dari Teluk Nara, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
Dari Teluk Nara, pilihannya adalah menyewa speedboat. Bisa dibilang untuk menggunakannya maka harus menyewa satu kapal. Harganya bervariasi, namun diterapkan minimal orang yang naik.

Misalnya ada speedboat yang menawarkan harga Rp 400.000 untuk tiga orang. Setiap menambah satu orang, dikenakan tambahan Rp 50.000. Kapal cepat ini bisa memuat antara 10 sampai 15 orang. Ada banyak kapal tertambat di Teluk Nara yang bisa dipilih. Lama perjalanan kurang lebih 20 menit, tergantung cuaca.

Cara lain adalah coba tanyakan tempat Anda berencana menginap, apakah mempunyai rekanan yang menyewakan speedboat untuk menyeberang dari Teluk Nara. Beberapa bungalow juga memiliki speedboat yang disewakan.

Hal sama juga berlaku untuk fasilitas antar-jemput dari BIL ke Teluk Nara. Resor biasanya menyediakan fasilitas ini. Sementara beberapa bungalow juga memiliki kenalan yang mempermudah mencari penyewaan mobil.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Kapal Marina Srikandi 11 dalam perjalanan dari Pelabuhan Padangbai (Bali) menuju Gili Trawangan (Lombok), Rabu (16/4/2014).
Sementara di Pelabuhan Bangsal menggunakan transportasi publik yang juga dipakai masyarakat lokal. Anda bisa naik kapal angkutan umum yang dikelola koperasi dengan tarif Rp 15.000 ke Gili Trawangan, plus tambahan retribusi Rp 1.000 per orang.  

Lama perjalanan kurang lebih 45 menit sampai satu jam tergantung cuaca. Perlu diperhatikan jam keberangkatan hanya sampai pukul 5 sore. Perlu diingat, kapal baru berangkat jika minimun orang yang naik sudah tercapai, yaitu sekitar 20 orang. Pilihan lain di Pelabuhan Bangsal bisa naik public speedboat dengan tarif Rp 75.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.