Kompas.com - 27/04/2015, 15:08 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Melakukan perjalanan atau traveling adalah hal yang menyenangkan untuk banyak orang. Untuk traveling, kita sebaiknya mempersiapkan segala kebutuhan sebelum berangkat agar memudahkan kita dan terhindar dari kekhawatiran. Jadi, ada hal-hal yang perlu diingat sebelum kita berangkat atau traveling.

1. Surat atau dokumen perjalanan

Yang dimaksud surat atau dokumen perjalanan, yaitu paspor atau visa. Ini khususnya untuk Anda yang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri. Jangan lupa untuk memeriksa masa berlaku paspor!

2. Mencari informasi

Cari dan dapatkan informasi sebanyak mungkin tentang tempat yang akan dituju. Kita bisa mencari tentang menginap, bagaimana keadaan tempat, tempat makan terbaik, dan lain sebagainya. Baca juga pengalaman wisatawan lain yang telah mengunjungi tempat wisata yang akan kita kunjungi.

3. Membawa obat

Obat sangat penting untuk dibawa dalam perjalanan, terutama untuk Anda yang memiliki sakit atau alergi sesuatu. Jika perlu juga, bawalah resep dokter sebagai persiapan.

4. Siapkan nomor kontak yang penting

Catatlah dan simpan nomor kontak keluarga serta teman-teman. Tidak cukup jika hanya menyimpannya di ponsel, catat juga di buku yang kita bawa. Beri tahu kepada mereka juga ke mana tujuan yang akan kita kunjungi.

5. Rencanakan seluruhnya dengan benar

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan keluarga dan meminta saran kepada mereka tentang tempat wisata yang pernah mereka kunjungi untuk membantu merencanakan perjalanan kita. Hal ini juga tentunya tidak akan membuang-buang waktu kita saat di sana

Beberapa hal yang perlu diingat sebelum traveling di atas harus ada di dalam pikiran kita yang akan membuat perjalanan kita menyenangkan serta tidak merepotkan orang yang kita cintai. Apa Anda sedang merencanakan liburan? (magforwomen.com)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.