Kompas.com - 07/05/2015, 23:08 WIB
Mobil BN 10 yang sering digunakan Bung Hatta selama masa pengasingan masih tersimpan di Pesanggrahan Menumbing di kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAMobil BN 10 yang sering digunakan Bung Hatta selama masa pengasingan masih tersimpan di Pesanggrahan Menumbing di kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung.
EditorI Made Asdhiana
KALAU Anda merencanakan liburan ke Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung, masukkan agenda mengunjungi bagian barat Pulau Bangka yakni Kabupaten Bangka Barat, dengan ibu kota Muntok.

Kalau rajin membolak-balik buku pelajaran sejarah, Kota Muntok tercatat sebagai kota pengasingan para tokoh kemerdekaan pasca Agresi Militer Belanda di Yogyakarta tahun 1949. Bahkan Presiden Soekarno (Bung Karno) dan Wapres Mohammad Hatta (Bung Hatta) dan para tokoh lainnya diterbangkan ke Muntok dengan alasan supaya terisolir dari pergaulan dunia internasional.

Menuju Muntok dari Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung memerlukan waktu sekitar 3 jam dengan untuk jarak 138 kilometer. Apa yang dikemukakan Irwandi Azwar, Director Batamasya Travel, salah seorang peserta fam trip yang diadakan Disbuspar Provinsi Bangka Belitung, Sabtu (25/4/2015) lalu, layak menjadi renungan para stake holder sektor pariwisata di Provinsi Bangka Belitung.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Bukit Menumbing di Muntok, Bangka Barat. Di sinilah berdiri Pesanggrahan Menumbing, tempat Belanda mengasingkan para tokoh kemerdekaan, Bung Karno dan Bung Hatta.
"Bayangkan kita menempuh jarak 138 kilometer dengan waktu sekitar 3 jam dari Pangkalpinang ke Muntok. Selama 3 jam kita tidak melihat apa-apa yang menarik di jalan. Mobil jalan terus. Kalau memungkinkan di tengah perjalanan, wisatawan diajak singgah di satu tempat, seperti tempat wisata yang unik, di mana dia bisa menyaksikan sesuatu yang menarik. Jadi sambil santai, wisatawan bisa istirahat sebentar diselingi minum atau makan. Saya rasa itu lebih bermanfaat," paparnya di hadapan Camat Muntok, Rahmad Dalu dan jajarannya pada acara santap siang di Rumah Keboen.
 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.