Kompas.com - 14/07/2015, 15:10 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu dukungan bagi semakin lancarnya tradisi lebaran, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menerbitkan peta jalur mudik resmi "plus" yang sekaligus memuat paket dan destinasi wisata di Sumatera, Jawa, dan Bali.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan, peta mudik 2015 itu diterbitkan sebagai satu nilai tambah bagi para pemudik dalam menjalani tradisi mudiknya.

"Peta jalur mudik ini, bukan sekadar berisi tentang informasi perjalanan tetapi juga memuat paket wisata yang mungkin saja akan diminati pemudik," kata Esthy, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel.

Ia mengatakan, peta jalur mudik itu sampai saat ini sudah mulai didistribusikan sebagian besar di ibu kota Jakarta sebagai pusat konsentrasi pemudik terbesar di Indonesia.Pendistribusian yang sebagian besar di Jakarta itu dengan mempertimbangkan prediksi Kemenpar bahwa tahun ini jutaan pemudik berasal dari Jakarta.

Peta itu dilengkapi dengan harga paket-paket wisata berbagai tujuan, nomor telepon penting, daerah rawan macet, hingga tempat-tempat rekreasi meliputi pantai, taman nasional, diving area, surving area, dan pegunungan.

Untuk kepentingan itu, Kemenpar bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Polri, Jasa Marga, Kementerian Kesehatan, dan PT Cyberindo Aditama khususnya tim Cybermap.

Selain peta jalur mudik, pihaknya juga menyosialisasikan paket-paket wisata domestik melalui www.indonesia.travel yang merupakan salah satu portal resmi yang dikelola Kemenpar.

Di dalam situs tersebut salah satunya berisi tawaran paket tujuan wisata khususnya untuk berbagai destinasi luar Jawa dan Bali. "Kami berupaya agar mobilisasi wisatawan domestik pada musim lebaran tahun ini tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa," katanya.

Karena itu, pihaknya memastikan angkutan udara dan angkutan laut pada musim lebaran tahun ini telah siap dalam upaya memobilisasi wisatawan domestik.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.