Warung Lya, 30 Tahun Menjaga Pedasnya Lodeh Koro

Kompas.com - 19/01/2016, 17:14 WIB
Lodeh Koro Pedas khas warung Lya Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Pedasnya melegenda selama 30 tahun Ira Rachmawati / Kompas.com / BanyuwangiLodeh Koro Pedas khas warung Lya Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Pedasnya melegenda selama 30 tahun
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika Anda pecinta pedas dan sedang melintas jalur utara Banyuwangi, wajib mampir di Warung Lya. Ada menu spesial di sini yaitu Lodeh Koro Pedas.

Warung yang dikelola oleh keturunan ketiga ini sudah mempertahankan pedasnya Lodeh Koro hampir selama 30 tahun. Anton, pengelola warung kepada Kompas.com, Selasa (19/1/2016), menjelaskan warung tersebut sudah berpindah sebanyak tiga kali.

"Yang khas ya Lodeh Koro Pedas. Dan, kami buka warung ini selama 24 jam sehingga siapa pun yang lewat jalur pantura baik yang masuk Banyuwangi atau keluar dari Banyuwangi bisa mampir makan di sini," jelas Anton.

Walaupun disajikan hangat, Lodeh Koro pedas yang ada di warung Lya ini dimasak satu hari sebelumnya agar bumbunya meresap dan rasanya lebih nikmat.

"Kalau orang sini istilahnya blendrang. Dimasak satu hari sebelumnya terus dihangatkan lagi. Rasanya lebih mantap," tambahnya.

Untuk satu hari, normalnya ia memasak 20 kilogram Koro. Jumlahnya bisa bertambah jika musim liburan.

Untuk lauk tambahan Anda bisa memesan ayam goreng, lele goreng, ikan laut, rempeyek udang, paru ataupun jerohan.

"Untuk nasi, lalapan, sambal, dan lodeh koro pedas, pelanggan bisa menambah dan gratis," jelasnya.

Walaupun terkesan ndeso, tetapi warung yang berada di di J. Raya Situbondo, Nomor 425, Desa Alasrejo Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi tidak pernah sepi dari pelanggan yang mayoritas melakukan perjalanan dari dan menuju Bali.

"Ada supir truk yang selalu mampir sini jika ke Bali atau pulang dari Bali. Seminggu bisa 3 sampai 4 kali. Apalagi parkiran di sini sangat luas sehingga bisa menampung beberapa truk dan bus parkir sekaligus," pungkasnya.

Tertarik? silahkan mampir untuk menikmati pedasnya Lodeh Koro yang bertahan selama 30 tahun.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X