Kompas.com - 04/06/2016, 14:25 WIB
EditorI Made Asdhiana

BANTUL, KOMPAS.com - Jarak antara Yogyakarta dan Semarang tidaklah terlalu jauh, hanya sekitar 125 kilometer. Tetapi tidak banyak yang menjual makanan khas Semarang, seperti tahu gimbal dan gongso babat, di Yogyakarta.

Meski demikian di Yogyakarta ini terdapat beberapa tempat makan yang menjual makanan bercita rasa khas Semarang, seperti rumah makan Babat Gongso Semarang.

Sesuai dengan namanya, tempat makan yang berada di Dusun Soragan, Kelurahan Ngestiharjo, Kabupaten Bantul ini, menjadikan menu babat gongso khas Semarang sebagai menu utamanya.

Adalah Dian Megantara (28), yang memiliki ide untuk berjualan babat gongso di Yogyakarta. "Selama ini masih sedikit yang berjualan babat gongso di Yogyakarta. Jadi saya melihat ini menjadi peluang, dengan menjual babat gongso yang rasanya benar-benar khas Semarang," ujar laki-laki yang akrab disapa Dian tersebut.

Dorongan berjualan makanan yang satu ini semakin besar karena istri juga berasal dari Semarang.

Meskipun menjajakan makanan tradisional, rumah makan yang setiap harinya buka dari pukul 11.00 hingga 21.00 ini didesain modern minimalis dengan dominasi warna putih.

Melihat daftar menu yang ada, terdapat beberapa varian babat gongso yang disediakan. Mulai dari babat gongso, babat pete gongso, babat iso telur gongso, babat paru gongso, dan beberapa varian lainnya. Semua varian tersebut dimasak dengan bumbu yang sama.

Saat mencicipi babat gongso telur, bumbunya sangat terasa. "Untuk bumbu intinya yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, dan cabai," jelas Dian.

Babat yang dimasak dengan beragam bumbu dengan tambahan telur menghasilkan perpaduan rasa gurih dan sedikit pedas sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat. Terdapat tambahan acar mentimun dan kubis yang membuat hidangan ini semakin segar.

Selain babat gongso, terdapat beberapa menu lainnya mi goreng, mi rebus, nasi goreng. Untuk menu-menu ini juga dimasak dengan tambahan jeroan daging sapi.

Untuk masalah harga, anda tidak usah khawatir. Karena dengan Rp 10.000 pengunjung sudah bisa menikmati nasi babat gongso. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.