Kompas.com - 21/09/2016, 09:02 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kosmetik jadi oleh-oleh yang paling banyak dicari wisatawan Indonesia ketika berwisata ke Korea Selatan. Oleh-oleh itu tak hanya diburu oleh kaum hawa tapi juga kaum adam.

"Ketika wisatawan Indonesia ke Korea, nomor satu mereka beli kosmetik. Laki-laki juga beli karena ingin memberikan ke pacar atau orang tua," kata Direktur Korea Tourism Organization, OH Hyonjae kepada KompasTravel seusai Launching acara "Creative Korea - Korea Festival" di Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Ia menyebutkan, wisatawan asal Indonesia biasa membeli kosmetik di pusat perbelanjaan yang tersebar di Seoul. Hyonjae mengatakan, pilihan tempat belanja lain bagi wisatawan asal Indonesia adalah di bandara.

"Namun di bandara itu, biasanya yang tak punya waktu belanja," tambahnya.

Group VP Marketing & Communication Smailing Tour, Putu Ayu Aristyadewi menambahkan, kosmetik memang menjadi salah satu alasan wisatawan asal Indonesia berlibur ke Korea Selatan. Hal itu dilengkapi dengan pengaruh film drama Korea yang banyak disiarkan di Indonesia.

"Mayoritas itu anak muda yang beli. Mereka biasanya ke Seoul untuk belanja kosmetik. Merek-merek kosmetik Korea juga banyak dijual di Indonesia. Biasanya kosmetik lipstik, maskara sampai pernak-pernik pewarna kuku dibeli," ungkap Putu saat dihubungi KompasTravel, Selasa (20/9/2016).

Ia mengungkapkan, alasan harga yang lebih murah dibandingkan di Indonesia biasa ditemui oleh wisatawan Indonesia yang pergi bersama Smailing Tour. Menurutnya, jika membeli di Indonesia bisa lebih mahal karena tambahan pajak.

"Bahkan ada yang pilihan tujuannya di itenerary. Ada yang memilih gak ikut karena mau belanja," jelasnya.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Cara Mudah Dapatkan Liburan Gratis di Yogyakarta Bareng "Take Me Anywhere 2"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.