Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2017, 06:41 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

LUMAJANG, KOMPAS.com - Tiga ratus enam puluh derajat sejauh mata memandang hanya ada tanaman teh di tengah perjalanan. Saat itu pagi masih belum menunjukkan tajinya.

Perkebunan Teh Kertowono, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur masih berselimut gelap dan hening.

Jam tangan menunjukkan sekitar pukul 05.00 WIB. Sesuai dengan rencana, saya beserta rombongan jurnalis dari Jakarta mulai beranjak dari sebuah bangunan tua tempat kami menginap. Mobil di depan sudah menunggu.

"Ayo cepat.. cepat," kata seorang rekan, Sendy yang juga ikut dalam perjalanan mengajak naik ke mobil.

Kami akan menuju sebuah titik pengamatan matahari terbit bernama Puncak Kampung Baru atau yang dikenal dengan Bukit Inspirasi.

Di Bukit Inspirasi, kami bisa melihat pemandangan matahari terbit dengan panorama yang beragam. Tentunya tanaman teh, jajaran gunung, bahkan hingga Samudera Hindia.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana matahari terbit dilihat dari Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.
Badan saya terguncang saat mobil mulai menunjukkan kebolehannya. Batu-batu dan tanah licin dilibas. Tangan saya mencengkeram apa pun yang bisa dipegang di mobil.

Udara menghampiri melalui jendela mobil yang terbuka. Dari jendela itu pula, terlihat beberapa warga setempat berjalan kaki menuju ke kebun teh untuk bekerja.

"Permisi.. mari bu," sapa saya ketika mobil berpapasan dengannya.

Samar-samar mereka melemparkan senyum ke penumpang di mobil. Ada pula yang mengangguk dan melambaikan tangan.

Dari perjalanan singkat saya sekitar 15 menit dari penginapan, saya belajar tentang arti hidup. Bahwa keramahan adalah modal utama ketika berinteraksi dengan sesama manusia.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Jurnalis dari Jakarta mengabadikan suasana matahari terbit dilihat dari Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.

Matahari mulai menunjukkan wajahnya di Bukit Inspirasi. Rekan-rekan saya tak mau ketinggalan momen. Mereka langsung memancangkan kaki tripod dan memasang kamera.

Ah, sungguh keterlaluan untuk melewatkan panorama di Perkebunan Teh Kertowono. Di sebelah barat ada Gunung Semeru.

Di sebelah timur ada Gunung Raung, Lemongan, dan Argopuro. Ada pula pemandangan rumah-rumah di daerah Lumajang. Ada juga Pulau Nusa Barong di arah selatan.

Haram rasanya jika datang ke Bukit Inspirasi tanpa memotret. Saya langsung berjalan ke sekitar Pondok Inspirasi untuk mencari titik terbaik. Ada beberapa tempat yang menyuguhkan panorama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com