Kompas.com - 03/06/2017, 04:04 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

MAKASSAR, KOMPAS.com - Makassar adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal oleh kekayaan kulinernya. Sepanjang bulan Ramadhan, keramaian kian terasa karena pedagang kuliner menjamur di pinggir jalan di Makassar.

Beberapa kawasan dijadikan pasar takjil untuk menyajikan berbagai menu berbuka puasa. Pasar takjil Jl Andi Mappanyukki adalah salah satunya.

Ratusan pedagang takjil berderet di tenda-tenda tepi jalan. Pasar takjil ini berlangsung selama Ramadhan, setiap hari aktivitas mulai pukul 14.00 Wita hingga maghrib tiba. Puluhan jenis makanan dijajakan para pedagang di atas meja. Mulai dari berbagai jenis gorengan, kue-kue tradisional khas Makassar, berbagai jenis es buah, dan tentunya es pisang ijo.

Harganya pun bervariasi tergantung dari jenis takjilnya, mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000 per porsi. Yang jelas, harganya murah dan terjangkau kantong masyarakat umum.

"Murah-murah pak, silahkan dipilih sesuai selera. Ada gorengan, kue-kue tradisional, berbagai jenis es hingga es pisang ijo. Kalau yang paling disenangi orang, gorengan dan es pisang ijo. Tapi banyak juga yang senang kue-kue tradisional, kolak dan es pallu butung," kata Sri Rohani, salah satu pedagang di pasar takjil Jl Mappanyukki, Makassar, Jumat (2/6/2017).

KOMPAS/PINGKAN ELITA DUNDU Es Pisang Ijo

Selain takjil, banyak pedagang yang menjajakan masakan jadi seperti lauk pauk untuk bersantap malam setelah setelah berbuka puasa.

"Makanan siap saji tersedia seperti ikan bakar, ikan goreng, pallu mara, berbagai macam makanan dari ayam, sayur asem, sayur bening, lode, paria kambu, dan lainnya. Kita jual per porsinya dengan harga bersahabat," tutur Daeng Ti'no, salah satu pedagang masakan jadi di pasar takjil ini.

Saat liburan atau pulang kampung ke Makassar, pasar takjil ini tidak boleh dilewatkan. Es pisang ijo harus dijajal karena merupakan salah satu kuliner khas kebanggaan Makassar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.