150 Kilogram Jengkol Ludes dalam Beberapa Jam di Festival Jengkol

Kompas.com - 19/11/2017, 09:04 WIB
Steak yang terbuat dari olehan jengkol, hidangan ini menjadi yang paling laris dalam Festival Jengkol Indonesia, di Bellanova Mall, Bogor, 17-19 November 2017 KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIASteak yang terbuat dari olehan jengkol, hidangan ini menjadi yang paling laris dalam Festival Jengkol Indonesia, di Bellanova Mall, Bogor, 17-19 November 2017
|
EditorSri Anindiati Nursastri

BOGOR, KOMPAS.com - Antusiasme penggemar jengkol seperti tak terbendung pada acara Festival Jengkol Indonesia yang digelar di Sentul, Bogor. Selama satu hari pelaksanaan, jengkol yang habis lebih dari 150 kilogram.

"Di luar ekspektasi sih antusiasmenya. Awalnya target kita hanya ingin coba meramaikan aja. Persiapannya pun hanya dua minggu," ujar Dwi Kartika selaku penggagas Festival Jengkol saat ditemui KompasTravel pada hari kedua acara tersebut, Sabtu (18/11/2017).

Sate yang terbuat dari jengkol yang laris disajikan dalam Festival Jengkol Indonesia, di Bellanova Mall, Bogor, 17-19 November 2017KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Sate yang terbuat dari jengkol yang laris disajikan dalam Festival Jengkol Indonesia, di Bellanova Mall, Bogor, 17-19 November 2017

Menurut Dwi, dari hari pertama pembukaan festival pengunjung sudah menunggu sejak pukul 08.00 WIB padahal baru dibuka dua jam kemudian. Festival Jengkol Indonesia diselenggarakan selama tiga hari, mulai 17-19 November 2017.

Baca juga : Ada 12 Olahan Jengkol di Festival Ini, Jangan Sampai Kehabisan!

Uniknya yang datang tak hanya dari Jabodetabek, tetapi para komunitas pecinta jengkol dari berbagai kota hingga dari Malaysia. Anggota komunitas Jengkol Lovers Indonesia datang dari Sumedang, Pontianak, Bandung, Bekasi, Karawang, hingga Riau.

"Hari pertama yang datang ada 500-an (orang) lebih saya kurang hafal. Hari kedua ini saya belum lihat daftarnya, tapi melebihi hari pertama," terang Dwi.

Pasta jengkol, menjadi salah satu menu yang laris dalam Festival Jengkol Indonesia, di Bellanova Mall, Bogor, 17-19 November 2017KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pasta jengkol, menjadi salah satu menu yang laris dalam Festival Jengkol Indonesia, di Bellanova Mall, Bogor, 17-19 November 2017

Pantauan KompasTravel pada hari kedua, Sabtu (18/11/2017), persediaan jengkol sudah habis setelah santap siang. Setelah pukul 13.00 WIB para pengunjung pun harus rela menunggu hingga sore hari untuk kembali mencicipi aneka hidangan jengkol.

Penyelenggara memang mengeluarkan persediaan jengkol pada siang dan sore hari. Sehingga para pengunjung yang datang di waktu tersebut tidak perlu kecewa.

Hal paling berkesan menurut Dwi ialah ketika pemerintah daerah Provinsi Riau sengaja mengutus perwakilannya untuk mengikuti lomba. Lalu ada koki dari Malaysia yang juga datang untuk mengikuti lomba kreasi jengkol.

Baca juga : Mencicipi Gurihnya Nasi Uduk Semur Jengkol Bang Udin Sejak 1986

Green Spot Cafe sebagi penyuplai hidangan jengkol mengaku cukup kewalahan di hari pertama. Stok yang mereka sediakan habis. Sedangkan hari kedua Dwi dan timnya menambah stok lagi dari penyuplai jengkol langganan restonya.

Menu yang jadi buruan utama pengunjung ialah steak jengkol, burger jengkol, juga spaghetti jengkol. Aneka hidangan lainnya yang tak kalah favorit adalah batagor jengkol, pasta jengkol, hingga siomay jengkol.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X