Kompas.com - 23/12/2017, 15:02 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

CIREBON, KOMPAS.com - Empal gentong jadi salah satu santapan khas yang wajib dicoba saat ke Cirebon. Namun dari banyaknya tempat makan empal gentong, ada beberapa yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya.

Tempat makan empal gentong ini kerap dipadati wisatawan tiap akhir pekan, ataupun musim liburan. Beberapa diantaranya bahkan telah ada puluhan tahun lalu, dan kian berkembang.

Empal gentong sendiri adalah olahan daging sapi menyerupai gulai. Uniknya, kuliner ini dimasak menggunakan gentong besar yang terbuat dari tanah liat. Meski kini tidak semua rumah makan empal gentong masih menggunakannya.

Berikut rekomendasi KompasTravel, dari beberapa perjalanan ke Kota Cirebon.

1. Empal Gentong H. Apud

Salah satu rumah makan empal gentong yang paling terkenal, di Cirebon. Tekstur dagingnya yang empuk telah eksis sejak tahun 1994.

Berbeda dengan empal gentong, hidangan ini disebut empal asem, yang juga merupakan kuliner khas Cirebon, di Sate Kambing Muda Haji Apud.KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Berbeda dengan empal gentong, hidangan ini disebut empal asem, yang juga merupakan kuliner khas Cirebon, di Sate Kambing Muda Haji Apud.
Rumah makan empal gentong ini terkenal dengan daging yang empuk dan olahan bumbunya yang padat.

Baca juga : Perjalanan Resep Empal Gentong Haji Apud Sejak 1994

Kini Empal Gentong H. Apud memiliki tiga cabang yang tersebar di sekitar Kota Cirebon. Bertempat di Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi (Tuparev), Jalan Juanda atau biasa disebut Plered, dan kawasan Batik Trusmi. Satu porsi empal gentong di sini seharga Rp 23.000.

2. Empal Gentong Amarta

Warung makan empal gentong Amarta merupakan salah satu rumah makan empal gentong yang juga terkenal di kalangan wisatawan luar Cirebon. Warung makan ini telah ada sejak tahun 1997 lalu. Pasangan suami istri bernama Solihin dan Emi yang pertama kali merintisnya.

Baca juga : Empal Gentong dan Empal Asem Sama Enaknya di Empal Amarta

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.