Garang Asam Kudus, Perpaduan Asam Gurih dari Blimbing Wuluh

Kompas.com - 31/01/2018, 09:00 WIB
Rumah Makan Blimbing Wuluh di Sleman, DI Yogyakarta dengan menu spesial Garang Asam Kudus. TRIBUNJOGJA.COM/ARFIANSYAH PANJIRumah Makan Blimbing Wuluh di Sleman, DI Yogyakarta dengan menu spesial Garang Asam Kudus.
EditorI Made Asdhiana

SLEMAN, KOMPAS.com - Hadir sejak tahun 2012, Rumah Makan Blimbing Wuluh di Jalan Mulungan Baru no 60, Grojogan, Denggung, Sleman (dekat Jalan Gito Gati) turut meramaikan khasanah kuliner Yogyakarta.

Mengandalkan menu spesial Garang Asam Kudus, restoran ini menyuguhkan rasa ciamik, perpaduan asam gurih nan menyegarkan.

Sang empu restoran, Ghufron Qomar menjelaskan alasan utama ia menghadirkan masakan khas Kudus tersebut tak lain karena menu tersebut lezat sekaligus menyehatkan. Untuk itu, olahan tersebut tidak menggunakan santan dan rendah kolestrol.

(Baca juga : Gangan Belitung, Perpaduan Asam Pedas Renyahnya Kulit Ikan)

"Konsepnya makanan yang sehat dan rendah kolestrol menu masakan kembali alam memakai daun pisang berkuah tanpa santan, Blimbing wuluh juga dapat menurunkan kolestrol dan juga tensi," katanya, Jumat (19/1/2018).

Laki-laki kelahiran Jepara 37 tahun silam tersebut menjelaskan, meski tanpa santan rasa yang dihasilkan justru semakin "maknyus" dengan resep rahasia restoran tersebut.

"Bahan-bahan seperti masakan biasa cuma ada trik tersendiri agar rasa gurih, segar, dan lezat. Bahannya ada ayam, tomat, lombok, dan blimbing wuluh. Makan siang pasti segar," katanya.

(Baca juga : Segarnya Asem-asem Khas Kota Tegal)

Di restoran tersebut ada tujuh menu yang disuguhkan mulai dari garang asam ayam, garang asam ikan nila, garang asam ati ampela, garang asam ceker, garang asam ikan bandeng, iwak wader goreng, hingga ayam goreng rasa gurih.

Untuk penghilang dahaga, aneka minuman jus pun siap membasahi tenggorokan. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, di mana yang termahal hanya Rp 20.000.

Segar Menggugah Selera

Tribunjogja.com pun berkesempatan mencicipi Garang Asam Ayam di restoran tersebut.

Begitu membuka bungkusan daun pisang aroma segar dari aneka rempah dan bumbu begitu menusuk hidung. Benar-benar menggugah selera. Daging ayamnya pun empuk hingga di tulang dipadu asamnya tomat hijau. Begitu pun kuahnya, rasa asam dan gurih berpadu dalam takaran yang sempurna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X