KA Solo Ekspres Layani Rute Solo - Yogyakarta - Kutoarjo - Kompas.com

KA Solo Ekspres Layani Rute Solo - Yogyakarta - Kutoarjo

Kompas.com - 18/05/2018, 11:00 WIB
KA Solo EkspressDok. PT. KAI KA Solo Ekspress

SOLO, KOMPAS.com - Kereta Api (KA) Solo Ekspres rute Solo - Yogyakarta - Kutoarjo resmi diluncurkan di Stasiun Solo Balapan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (17/5/2018). Peluncuran KA Solo Ekspres diharapkan mampu mengurai kepadatan penumpang pada masa angkutan Lebaran 2018.

"KA Solo Ekspres ikut mendukung dalam rangka mobilitas pada masyarakat semua di dalam meningkatkan pelayanan pada Lebaran nanti," kata Komisaris Utama PT KAI, Suhono H Supangat di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

KA jenis KRDE ini terdiri dari empat rangkaian gerbong dengan kapasitas 393 orang penumpang duduk dan berdiri. KA buatan PT INKA akan beroperasi dua kali perjalanan Solo - Yogyakarta - Kutoarjo (PP).

(Baca juga: Resmi Beroperasi, Kereta Bandara Solo Ekspres Layani Rute Solo-Yogyakarta-Kutoarjo)

KA Solo Ekspres berangkat dari Solo pukul 08.40 WIB dan kembali dari Kutoarjo pukul 11.15 WIB. Kemudian berangkat dari Solo pukul 15.40 WIB, kembali dari Kutoarjo pukul 18.25 WIB.

"Nanti akan kita tingkatkan sesuai dengan potensi dan kemampuan semaksimal mungkin. Karena kebutuhan akan angkutan penumpang ini luar biasa," jelas dia.

KA Solo EkspressDok. PT. KAI KA Solo Ekspress

Selama empat hari pada pengoperasian perdana, PT KAI menggratiskan tiket KA Solo Ekspres rute Solo - Kutoarjo (PP). Setelah itu, PT KAI menerapkan tarif promo, Solo - Yogyakarta Rp 30.000 dan Solo - Kutoarjo Rp 40.000.

(Baca juga: Melancong ke Solo, Yuk Mampir ke 5 Obyek Wisata Ini)

"Memasuki masa angkutan Lebaran harga tiket KA Solo Ekspres akan berubah," tambah Direktur Operasi PT KAI, Slamet Suseso Priyanto.

Menurut Slamet, mulai tanggal 5 - 26 Juni 2016 harga tiket KA Solo Ekspres rute Solo - Yogyakarta dijual Rp 45.000 dan Solo - Kutoarjo Rp 60.000.


Komentar

Close Ads X