Jangan Cuma Foto-foto di Brandenburg Gate, Simak Sejarahnya! - Kompas.com

Jangan Cuma Foto-foto di Brandenburg Gate, Simak Sejarahnya!

Kompas.com - 08/07/2018, 22:37 WIB
Brandenburg Gate di Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Brandenburg Gate di Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).

KOMPAS.com - Kalau Anda ke Berlin, Jerman, mampirlah ke Gerbang Brandenburg ( Brandenburg Gate atau dalam bahasa Jerman: Brandenburger Tor).

Gerbang Brandenburg adalah bangunan bersejarah di Berlin yang paling terkenal. Wajarlah kalau wisatawan dari berbagai belahan dunia, termasuk wisatawan Jerman sendiri kerap meluangkan waktu datang dan berfoto atau swafoto di tempat ini.

Menurut catatan sejarah, pada abad ke-19 ada 18 gerbang untuk memasuki kota Berlin. Gerbang Brandenburg adalah satu-satunya yang tersisa.

Baca juga: Akhirnya... Bertemu Brezhnev dan Honecker di Tembok Berlin

Gerbang ini sekarang menjadi landmark, sekaligus petunjuk arah bagi warga Berlin dan wajib dikunjungi wisatawan.  

Brandenburg Gate di Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Brandenburg Gate di Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).
Gerbang Brandenburg dibangun tahun 1764 atas perintah Kaisar Friedrich Wilhelm II dan diresmikan pada 6 Agustus 1791.

Baca juga: Penerbangan Langsung Efektif Menarik Turis Jerman ke Indonesia

Arsitek Carl Gotthard Langhans membangun Gerbang Brandenburg terinspirasi oleh pintu gerbang Akropolis di Athena, Yunani.  

Brandenburg Gate di Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Brandenburg Gate di Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).
Yang unik dan jadi penanda untuk mengenal Gerbang Brandenburg adalah keberadaan Patung Quadriga yang dibuat pematung Johann Gottfried Schadow tahun 1793.

Patung ini menggambarkan kereta yang ditarik oleh empat ekor kuda yang dikemudikan oleh Eirene, dewi perdamaian Yunani. 

Baca juga: Tembok Berlin, Dibenci Sekaligus Dirindu...  
 
Nama asli Gerbang Bradenburg adalah Friedenstor atau Gerbang Perdamaian.

Namun, saat itu bukan perdamaian yang terwujud, melainkan gerbang ini menjadi saksi peperangan.

Tahun 1806 tentara Napoleon menang perang dan memasuki Berlin. Sebagai pemenang perang, Patung Quadriga pun dirampas dan dibawa ke Paris. Setelah kekalahan menimpa Napoleon, patung Quadriga akhirnya kembali lagi ke Berlin tahun 1814.

Patung Quadriga didesain ulang oleh Karl Friedrich Schinkel sebagai Victoria, dewi kemenangan, yang memegang simbol salib dan elang Prusia.

Baca juga: Tembok Berlin, Mengenang Sejarah Kelam Masa Lalu

Pada Januari 1933, Nazi merayakan perebutan kekuasaan oleh Adolf Hitler dengan pawai besar-besaran di Gerbang Brandenburg. Selama Perang Dunia II, Gerbang Brandenburg dilanda kerusakan parah.  

Transportasi wisatawan di Brandenburg Gate, Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Transportasi wisatawan di Brandenburg Gate, Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).
Pada 12 Januari 1987, Gerbang Brandenburg menjadi saksi sejarah di mana menjadi latar belakang pidato Presiden AS Ronald Reagan.

Dalam pidatonya, Ronald Reagan mendesak Presiden Soviet, Mikhail Gorbachev untuk meruntuhkan Tembok Berlin dan menyatukan Jerman.  

Ketika Tembok Berlin yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur diruntuhkan pada 9 November 1989, ribuan orang datang untuk merayakan kemenangan di Gerbang Brandenburg.

Kini, Gerbang Brandenburg menjadi lambang perdamaian dan simbol penyatuan Berlin yang sempat terpisah

Aksi seniman jalanan di Brandenburg Gate, Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Aksi seniman jalanan di Brandenburg Gate, Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).
Saat ini peperangan tak ditemukan lagi. Yang ada justru Gerbang Brandenburg menjadi pusat pertemuan berbagai kegiatan termasuk pesta malam Tahun Baru.

Itu yang dirasakan KompasTravel, Kamis (21/6/2018), bersama rombongan media yang diundang maskapai Scoot ketika berada di Gerbang Brandenburg.

Wisatawan dari berbagai negara tumpah di depan gerbang ini. Anak-anak sekolah di Berlin dibawa oleh guru mereka ke tempat ini sambil membawa catatan.

Di Gerbang Brandenburg, wisatawan bisa menyaksikan aksi musisi jalanan serta orang-orang berlalu-lalang berpakaian tentara Jerman.

Transportasi wisatawan di Brandenburg Gate, Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Transportasi wisatawan di Brandenburg Gate, Berlin, Jerman, Kamis (21/6/2018).
Selain itu, angkutan masa lalu seperti kereta kuda masih beroperasi di areal ini membawa wisatawan keliling Gerbang Brandenburg.

Gerbang Brandenburg kini menjadi ajang pertemuan antar-bangsa dan dipenuhi wisatawan yang ingin melihat langsung keberadaan gerbang yang memiliki banyak catatan penting perihal sejarah kota Berlin masa lalu.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X