Jangan Mengaku Pernah ke Bali jika Belum Mengunjungi Patung GWK

Kompas.com - 23/09/2018, 10:16 WIB
Patung Garuda Wisnu Kencana usai diresmikan di Kuta Selatan, Bali, Sabtu (22/09/2018). Patung setinggi 121 meter dengan lebar 64 meter tersebut resmi diresmikan dan menjadi patung tertinggi ketiga di dunia. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPatung Garuda Wisnu Kencana usai diresmikan di Kuta Selatan, Bali, Sabtu (22/09/2018). Patung setinggi 121 meter dengan lebar 64 meter tersebut resmi diresmikan dan menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.

DENPASAR, KOMPAS.com - Peresmian Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (22/9/2018) malam menjadi acara puncak yang menandai selesainya pembangunan patung tersebut di GWK Cultural Park.

Tahun 1990, pembangunan patung GWK yang digagas Menparpostel Joop Ave dan pematung I Nyoman Nuarta dimulai. Namun pembangunan patung di Bukit Ungasan itu banyak mengalami kendala.

Akhirnya tahun 2013, PT Alam Sutera Realty Tbk melalui anak perusahannya PT Garuda Adhimatra Indonesia melanjutkan pembangunan Patung GWK di kawasan taman budaya seluas 60 hektar tersebut.

"Kami menyadari pembangunan patung ini bukan hal yang mudah. Kami bersinergi dengan I Nyoman Nuarta, para konsultan dan kontraktor yang memadukan keahlian masing-masing di bidang art, science, dan teknologi sehingga akhirnya patung ini rampung dan diharapkan menjadi ikon kebanggaan bangsa Indonesia," kata Preskom Alam Sutera Group Haryanto Tirtohadiguno, dalam jumpa pers di GWK Cultural Park, Sabtu siang.

Baca juga: Jokowi Resmikan Patung GWK, Terwujud Setelah 28 Tahun

Alam Sutera Group akan mengembangkan kawasan GWK Cultural Park sebagai destinasi wisata dengan keberadaan patung GWK untuk menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

Kawasan ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas pariwisata, pusat budaya, taman, balai pertemuan, restoran, hotel dan area parkir.

Patung GWK menjadi primadona di GWK Cultural Park yang disebut-sebut sebagai patung tertinggi ketiga di dunia. Patung ini menjulang setinggi 121 meter di puncak bukit Ungasan, berdiri di atas sebuah bangunan pedestal setinggi 46 meter.

Baca juga: Nyoman Nuarta Menitikkan Air Mata Saat Modul Terakhir GWK Dipasang...
 
Salah satu agenda dalam pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia pada Oktober 2018 akan dilakukan di GWK Cultural Park.

Patung Garuda Wisnu Kencana usai diresmikan di Kuta Selatan, Bali, Sabtu (22/09/2018). Patung setinggi 121 meter dengan lebar 64 meter tersebut resmi diresmikan dan menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Patung Garuda Wisnu Kencana usai diresmikan di Kuta Selatan, Bali, Sabtu (22/09/2018). Patung setinggi 121 meter dengan lebar 64 meter tersebut resmi diresmikan dan menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.
Berikut fakta-fakta menarik mengenai Patung GWK:

1. Tinggi keseluruhan patung 121 meter. Tinggi patung 75 meter, berdiri di atas pedestal setinggi 46 meter.

2. Patung GWK berada pada ketinggian 262 meter di atas permukaan laut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X