Siapa Sangka, Bangunan Berwarna Emas nan Megah Ini Ternyata Toilet Umum!

Kompas.com - 25/09/2018, 16:09 WIB
Wisatawan sedang berfoto di depan Golden Toilet di Wat Rhong Kun, Chiang Rai, Thailand. Fabian Januarius KuwadoWisatawan sedang berfoto di depan Golden Toilet di Wat Rhong Kun, Chiang Rai, Thailand.

 

CHIANG RAI, KOMPAS.com - Sebuah bangunan di kawasan Wat Rong Khun atau White Temple, Chiang Rai, Thailand, sangat menarik perhatian wisatawan.

Bangunan tersebut berwarna emas solid. Di setiap tembok, terdapat ukiran khas Thailand dengan warna senada. Demikian pula pada ujung-ujung atapnya. Di depannya bangunan pun terdapat taman lengkap dengan juga patung berwarna emas.

Maka, tidak heran apabila bangunan berlantai dua ini menjadi sasaran foto para pengunjung di kawasan White Temple. Baik wisatawan lokal maupun asing ramai-ramai mengabadikan diri dengan latar belakang bangunan itu.

Ruang WC di Golden Toilet, Chiang Rai, Thailand.Fabian Januarius Kuwado Ruang WC di Golden Toilet, Chiang Rai, Thailand.

Namun siapa yang menyangka, bangunan nan megah ini ternyata adalah toilet umum! Ya, toilet umum.

Pemandu kami, Nuanwan Hansanawin mengatakan, seniman lokal perancang Wat Rong Khun, yakni Chelirm Chai memang sengaja membangun toilet umum semegah itu.

"Karena menurut dia, urusan buang air itu adalah waktu di mana kedamaian itu tersemai. Tidak ada yang boleh menghambat kedamaian terjadi," ujar dia serius kepada Kompas.com, saat berkunjung ke sana, Senin (24/9/2018).

Toilet laki-laki dan perempuan di White Temple, Chiang Rai, ThailabdFabian Januarius Kuwado Toilet laki-laki dan perempuan di White Temple, Chiang Rai, Thailabd

Selain itu, lanjut wanita yang akrab dipanggil Ning, sang seniman juga ingin toilet umumnya ini berbeda dari toilet umum di destinasi wisata kebanyakan.

Sayang, Ning dan beberapa petugas di kawasan kuil tidak mengetahui pasti berapa uang yang dikeluarkan untuk membangun toilet umum tersebut.

Caroline, wisatawan asal Texas, Amerika Serikat mengaku tak menyangka bahwa bangunan ini merupakan toilet umum.

"Saya bertanya ke petugas, di mana toilet umumnya. Dia menunjuk bangunan emas ini. Saya tak menyangka sama sekali. Mungkin ini toilet termegah yang pernah saya masuki," ujar dia.

Kompas.com sempat memasuki toilet nan megah itu.

Akses masuk ke toilet laki-lagi di Golden Toilet, Wat Rhon Khun, Chiang Rai, Thailand.Fabian Januarius Kuwado Akses masuk ke toilet laki-lagi di Golden Toilet, Wat Rhon Khun, Chiang Rai, Thailand.

Toilet itu terdiri dari dua bagian. Kiri dan kanan. Masing-masing bagian, terdapat toilet umum bagi laki-laki dan perempuan.

Untuk toilet laki-laki, tersedia 8 wc, 6 urinoir dan 5 wastafel standard. Tak hanya tembok di luar, di dalam bangunan pun didominasi warna emas lengkap dengan ukiran khas Thailand di beberapa sudutnya.

Lantas, bagaimana sensasinya menggunakan 'golden toilet' ini? Silahkan rasakan sendiri ya...

Wat Rhong Khun sendiri terletak sekitar 15 hingga 20 menit dari pusat kota. Anda dapat datang ke sana menggunakan kendaraan sendiri, thuk-thuk, atau pun bus angkutan umum. Untuk masuk ke kawasan Wat Rhong Khun, pengunjung dikenakan biaya tiket 50 Baht per orang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X