Popularitas Labuan Bajo dan Sumba Kalah dengan Destinasi Wisata Ini... - Kompas.com

Popularitas Labuan Bajo dan Sumba Kalah dengan Destinasi Wisata Ini...

Kompas.com - 09/10/2018, 18:13 WIB
Coban Rondo atau air terjun janda di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Selasa (10/7/2018)KOMPAS.com / Andi Hartik Coban Rondo atau air terjun janda di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Selasa (10/7/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap tahun, tren pariwisata di Indonesia cenderung berubah khususnya dalam hal destinasi. Dari 2017-2018, ternyata ada satu destinasi yang tak disangka dapat menyamai popularitas Labuan Bajo dan Sumba. Destinasi tersebut adalah Malang, Jawa Timur.

"Dari 10 destinasi domestik yang paling banyak ditelusuri oleh wisatawan di Google, delapan ada di Jawa. Salah satunya Malang yang paling tinggi penelusurannya," kata Industry Manager Travel Google Indonesia, Zulfi Rahardian di acara Media Briefing Tren Digital Travelling 2018 di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Data dari Google mencatat, penelusuran terbanyak yang berkaitan dengan Malang memiliki kata kunci 'wisata batu malang', 'wisata malang', 'hotel di batu', 'onsen di batu malang'.

Popularitas Malang di kalangan wisatawan cukup mengejutkan. Apalagi jika dibanding Labuan Bajo yang popularitasnya naik drastis karena berada dalam branding '10 Bali Baru' dari Kementerian Pariwisata.

Pengunjung sedang berada di Roemah Coffee Loe Min Toe, Malang, Jawa Timur.Kompas.com/Silvita Agmasari Pengunjung sedang berada di Roemah Coffee Loe Min Toe, Malang, Jawa Timur.
Ada juga Sumba yang mendulang popularitas setelah berkali kali menjadi latar syuting film dalam negeri ternama.

"Malang, Labuan Bajo, dan Sumba memang yang tercepat dari yang kami amati dan memang di-highlight (di Traveloka)," kata Vice President of Marketing Traveloka Kurnia Rosyda di acara yang sama.

Menurut Kurnia, Malang menjadi destinasi yang disukai banyak wisatawan kemungkinan karena aksesnya yang mudah dijangkau dari berbagai daerah di Jawa Timur. Selain itu daerah Batu memiliki banyak atraksi wisata dan masih banyak potensi yang dapat digali.

Sepuluh destinasi wisata domestik yang populer dalam penelusuran Google oleh pengguna Google Indonesia adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Badung (Kuta, Bali), Malang, Semarang, Bogor, Medan, dan Bandung Barat (Lembang).

Sementara, Labuan Bajo, Malang, dan Sumba memiliki peningkatan jumlah penelusuran yang signifikan dari Januari 2017-Juli 2018.



Close Ads X