Kompas.com - 16/11/2018, 20:03 WIB
Boris, seorang turis asal Rusia, tidur di garasi pemilik apotik sebelum dibawa ke rumah sakit. KOMPAS.com/A. FaisolBoris, seorang turis asal Rusia, tidur di garasi pemilik apotik sebelum dibawa ke rumah sakit.


JAKARTA, KOMPAS.com - Turis bule yang kehabisan ongkos wisata berakhir mengemis di Asia belakangan banyak disorot lantaran semakin sering dijumpai.

Fenomena 'begpackers' diserap dari kata beg yaitu mengemis dan backpacker yaitu wisatawan berbujet rendah ini membuat banyak orang jengah.

Pemerintah Thailand mulai memperketat imigrasi untuk mencegah turis yang kehabisan ongkos wisata mengemis di negaranya. Pelampir visa wisata dan studi ke Thailand akan diminta untuk menunjukkan uang tunai kepada petugas imigrasi.

Uang tersebut untuk menjamin seseorang dapat berwisata atau tinggal di Thailand tanpa perlu mengemis dan bekerja ilegal.

Dilansir dari Thaivisa, seorang pertugas imigrasi Thailand yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan petugas imigrasi berhak meminta informasi lebih lanjut jika mencurigai pelampir visa.

Tidak disebutkan berapa jumlah uang tunai yang harus ditunjukan. Namun seorang wisatawan dikabarkan gagal masuk Thailand karena tidak membawa uang tunai 20.000 Bath atau setara Rp 9 juta.

Beda dengan Thailand yang melakukan pencegahan saat proses masuk negara, Hongkong memberi sanksi jika turis ketahuan mengemis di jalanan.

Dilansir dari Hong Kong Free Press, mengemis di Hongkong  dianggap ilegal. Bagi siapapun yang mengemis di jalanan hongkong akan dikenakan denda 500 dollar Hongkong atau setara Rp 950.000 dan dipenjara selama satu tahun. Peraturan mengemis di Hongkong ini berlaku bagi semua latar belakang bangsa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.