Bandara Paling Tepat Waktu di Dunia Tahun 2018, Jepang Sabet Dua Gelar

Kompas.com - 07/01/2019, 16:12 WIB
OAG menyatakan Bandara Haneda Tokyo sebagai bandara berukuran besar dengan pelayanan paling tepat waktu dengan rata-rata 86,75%. (CNN) OAG menyatakan Bandara Haneda Tokyo sebagai bandara berukuran besar dengan pelayanan paling tepat waktu dengan rata-rata 86,75%. (CNN)

KOMPAS.com — Dua bandara di Jepang berhasil merengkuh capaian sebagai bandara paling tepat waktu di dunia.

Hasil ini diperoleh dari analisis yang dilakukan oleh OAG, analis pariwisata yang berbasis di Inggris, yang dirilis dalam "Punctuality League 2019".

Rilis tersebut berisikan daftar maskapai dan bandara paling tepat waktu dalam kurun setahun belakangan.

Untuk penilaian bandara, OAG hanya menilai bandara-bandara di dunia dengan jumlah minimal 2,5 juta penumpang berangkat per tahunnya.

Baca juga: Apakah 2 Jam Sebelum Keberangkatan adalah Waktu yang Ideal Tiba di Bandara?

Pertimbangan ini dilakukan karena semakin padat penumpang, berarti semakin sulit tantangan yang mesti dihadapi untuk menjaga ketepatan waktu.

OAG membagi bandara ke dalam lima kategori, yakni kelas mega, major, large, medium, dan small airport.

Dua bandara Jepang yang sukses menyabet predikat paling tepat waktu ialah Bandara Tokyo Haneda untuk kategori mega airport (lebih dari 30 juta penumpang) dan Bandara Osaka untuk kategori large airport (10-20 juta penumpang).

Baca juga: Wisata ke Tokyo, Ini Bedanya Terbang ke Narita dan Haneda

Catatan ketepatan waktu sebesar 85,62 persen sukses dicapai oleh Bandara Tokyo Haneda. Ini merupakan keempat kalinya secara berturut-turut Tokyo Haneda meraih capaian tersebut.

Sementara itu, Bandara Osaka berhasil mencatatkan 88,22 persen penerbangan tepat waktu dalam kurun setahun terakhir.

Kategori major airport (20-30 juta penumpang) paling tepat waktu disabet oleh Bandara Moscow Sheremetyevo dengan ketepatan waktu sebesar 87 persen.

Lalu, berbekal catatan 91,11 persen ketepatan waktu, Bandara Panama City menjadi yang terdepan di kategori medium airport (5-10 juta penumpang).

Di kategori small airport (2,5-5 juta penumpang), Minsk National Airport di Belarusia menjadi yang terdepan dengan torehan 92,35 persen keberangkatan dan kedatangan tepat waktu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber OAG
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X