5 Fakta Perayaan Imlek di China, Ada Jasa Sewa Pacar!

Kompas.com - 06/02/2019, 18:05 WIB
Lampion penyambutan Imlek di Pasar Gede Solo Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaLampion penyambutan Imlek di Pasar Gede Solo

KOMPAS.com – Barongsai, dan lampion familiar dalam perayaan Imlek di Indonesia. Perayaan Tahun Baru China itu biasanya juga diperingati dengan festival lampion dan karnaval budaya.

Namun, bagaimana dengan perayaan Imlek di Negeri China? Berikut 5 fakta seputar momen Imlek di Negeri China:

1. Tidak Ada Istilah Tahun Baru China dan Imlek

Di Negara China, tidak ada istilah Imlek. Tidak ada pula istilah Tahun Baru China di sana.

Perayaan Imlek di sana dikenal sebagai Festival Musim Semi, Lunar New Year, atau Chunjie. Hal itu karena Imlek memang ditentukan melalui peredaran bulan (kalender bulan).

2. Jalanan Macet karena Mudik

Fenomena mudik ternyata juga terjadi di China. Jika di Indonesia mudik biasa dilakukan ketika momen Idul Fitri, maka di sana mudik yang dikenal sebagai chunyun dilakukan ketika perayaan Imlek.

Baca juga: 5.000 Lampion Mulai Menyala, Ribuan Orang Padati Pasar Gede Solo

Tak hanya sekadar mudik, chunyun juga merupakan perpindahan manusia terbesar di dunia. Oleh karena itu, kondisi jalan akan macet karena banyaknya orang yang bepergian.

Pemerintah Negeri Tirai Bambu memperkirakan ada sekitar tiga miliar perjalanan pada momen chungyun tahun 2019 ini.

3. Ada Jasa Sewa Pacar

Suasana perayaan tahun baru Imlek 2570 di Vihara Dharma Bhakti, Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (5/2/2019).KOMPAS.com/NURSITA SARI Suasana perayaan tahun baru Imlek 2570 di Vihara Dharma Bhakti, Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (5/2/2019).
Perayaan Imlek di China seringkali bukan merupakan momen menyenangkan bagi para jomblo, terutama wanita. Sama seperti di Indonesia, di China juga ada pertanyaan seperti “pacarnya mana?”.

Maka dari itu, di China ada jasa sewa pacar. Berbagai situs web di sana telah menawarkan jasa sewa pacar palsu agar orang tua dan kerabat tidak lagi melontarkan pertanyaan horor tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Travel

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X