Berikan Sandaran Tangan untuk Penumpang Pesawat yang Duduk di Tengah

Kompas.com - 28/03/2019, 19:06 WIB
Ilustrasi penumpang tidak beretika saat menumpang pesawat. Dok. Traveller.com.auIlustrasi penumpang tidak beretika saat menumpang pesawat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkasa Pura 1 lewat akun Instagramnya @ap_airports menghimbau netizen yang menggunakan pesawat untuk lebih beretika. Salah satunya dengan memberi sandaran tangan kepada penumpang yang duduk di tengah.

"Alasannya, penumpang yang duduk di tengah nggak punya kebebasan ruang gerak seperti penumpang di window seat dan aisle. Kalau penumpang yang duduk di window seat bisa menyenderkan kepalanya di jendela. Sedangkan buat yang duduk di sisi aisle punya kekeluasaan apabila akan berjalan ke lorong untuk ke toilet dan keluar pesawat," begitu keterangan Angkasa Pura 1 di akun Instagram.

Dalam keterangan, disebutkan juga bahwa ini merupakan bentuk etika dan peraturan tidak tertulis selama menumpang pesawat.

Baca juga: 5 Fakta tentang Boeing 777X, Pesawat Terpanjang di Dunia

Pakar etika Anna Musson mengatakan kepada Traveller.com.au bahwa etika selama di perjalanan, khususnya pesawat memang diperlukan.

Serupa dengan himbauan Angkasa Pura 1, Musson juga menyarankan penumpang yang duduk di kursi pinggir jendela dan lorong untuk memberi sandaran tangan kepada penumpang yang duduk di tengah.

Bentuk etika lain yang disarankan Musson adalah mengucapkan salam seperti "Halo" kepada penumpang yang duduk di sebelah kursi pesawat. Ini penting apalagi jika Anda penumpang yang membawa anak.

"Kalau orang lain tahu Anda mengawasi anak, mereka akan lebih tenang. Daripada harus khawatir mengenai penerbangan dan kelakuan anak yang tidak dapat diprediksi. Bepergian itu membuat stres, jadi buatlah mudah untuk orang lain," jelas Musson.

Baca juga: Akankah Ini Menjadi Kursi Pesawat Kelas Ekonomi di Masa Depan?

Selain itu Musson juga menganjurkan untuk lebih peduli dengan penumpang di belakang. Sewajarnya, menyandarkan kursi ke belakang jika jarak penerbangan lebih dari tiga jam. Jika memang ingin menyandarkan kursi, jangan lupa untuk perlahan dan kembalikan ke posisi semula saat waktu makan.

Selanjutnya bagi yang duduk di pinggir lorong, pastikan untuk tidak menaruh barang bawaan di lantai. Hal ini agar penumpang di samping jendela dan tengah lebih mudah keluar jika ingin ke toilet.

Juga perhatikan, jangan sekalipun mengeluh karena harus bangun untuk mempersilahkan orang lain ke toilet.

"Etika terkait nilai-nilai sosial, tenggang rasa, empati, dan saling menghormati. Pesawat merupakan ruang publik. Semua penumpang berkepentingan untuk saling menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

Perlu peka terhadap perasaan penumpang lain. Janganlah berbuat sesuatu yang kita sendiri tidak ingin orang lain berbuat," himbau pengamat penerbangan Alvin Lie, saat dihubungi KompasTravel, Kamis (28/3/2019).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X