Sejuknya Pemandian Topa di Muna

Kompas.com - 24/04/2019, 09:12 WIB
Permandian Topa di desa Labone, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, ini  mempunyai air yang sangat sejuk dan jernih karena mempunyai banyak mata air yang mengalir di dalam kolam tersebut.KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Permandian Topa di desa Labone, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, ini mempunyai air yang sangat sejuk dan jernih karena mempunyai banyak mata air yang mengalir di dalam kolam tersebut.


MUNA, KOMPAS.com – Suara tawa anak-anak yang bermain di kolam terdengar dari balik rumah warga.

Pemandian kolam air yang berada di Desa Labone, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara ini sering dikunjungi anak-anak dan warga sekitar setiap hari.

Lokasinya yang sangat dekat dengan pemukiman warga ini menjadikan pemandian yang bernama Pemandian Topa ini menjadi salah satu tempat favorit yang dikunjungi warga setiap liburan.

Pemandian Topa mempunyai air yang sangat sejuk dan jernih karena mempunyai banyak mata air yang mengalir di dalam kolam tersebut.

Baca juga: Laguna Weekuri, Kolam Renang dari Alam di Sumba...

Menurut pengelola Pemandian Topa, La Miri, pemandian ini mempunyai lahan seluas sekitar 1 hektar.

“Kendala fasilitas belum memandai, namun kita akan lengkapi. Nanti kita akan rapat dalam desa untuk mengembangkannya,” kata La Miri, Senin (22/4/2019).

Ia menambahkan, saat ini terdapat beberapa fasilitas yang sudah disiapkan seperti tempat parkir, ruang ganti dan lapak.

“Kita belum menentukan untuk biaya retribusi, karena masih ada yang wahana yang masih kita kembangkan kedepannya di permandian ini,” ujarnya.

Menurut La Miri, semenjak pemandian Topa dibuka untuk umum, banyak pengunjung yang mulai datang ke lokasi tersebut.

Pengunjung bukan hanya warga sekitar Kabupaten Muna saja, namun juga warga dari daerah lain juga datang berkunjung.

“Hari biasa tetap ada. Hari libur berkisar ribuan yang datang ke sini. Pengunjungnya dari luar kecamatan, atau kabupaten, ada yang dari Kabupaten Buton Tengah,” ucap La Miri.

Awal, seorang pengunjung, mengaku sangat menyukai datang ke Pemandian Topa karena jaraknya yang dekat pemukiman warga.

“Selain itu, airnya sangat jernih dan sejuk, makanya sangat suka untuk mandi. Biasa saya datang ke sini sama keluarga dan anak-anak,” ungkap Awal.




Close Ads X