3 Langkah Mudik Ke Sumatera Tanpa Menggunakan Pesawat

Kompas.com - 24/05/2019, 11:00 WIB
Bus shuttle beroperasi di Pelabuhan Bakauheni Lampung. Humas Pemprov LampungBus shuttle beroperasi di Pelabuhan Bakauheni Lampung.

KOMPAS.com -  Waktu tempuh yang relatif lebih lama, harus berpindah moda transportasi, dan kondisi perjalanan yang tidak bisa ditebak menjadi tantangan tersendiri ketika mudik ke Sumatera tanpa menggunakan pesawat.

Namun, mudik ke Sumatera tanpa pesawat tetap diminati lantaran biayanya yang cenderung lebih murah.

Nah, apabila dalam waktu dekat Anda berencana untuk mudik ke Sumatera tanpa menggunakan pesawat, maka Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara. Berikut rangkuman KompasTravel.

1. Ngeteng menuju Lampung

Lampung bisa disebut sebagai pintu gerbangnya Sumatera. Apabila Anda berencana untuk mudik ke Sumatera selain menggunakan pesawat, salah satu caranya adalah Anda harus mencapai Lampung terlebih dahulu, baru dilanjutkan mencari kendaraan yang lain.

Untuk ke Lampung, Anda bisa menggunakan kereta api lalu dilanjutkan naik kapal. Secara singkat cara untuk menuju Lampung dari Jakarta adalah Anda bisa naik KRL dari Tanah Abang menuju Rangkasbitung.

Selanjutnya dari Rangkasbitung Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan KA Lokal Merak menuju ke Stasiun Merak. Dari Stasiun Merak baru Anda berpindah dengan berjalan kaki menuju Pelabuhan Merak yang lokasinya tak jauh dari stasiun.

Setelah itu, baru Anda menyeberang dengan kapal feri menuju ke Bakauheni Lampung. Dengan cara ngeteng biaya perjalanan yang dikeluarkan tak sampai Rp 50.000 untuk sampai ke Lampung.

Baca juga: Mudik ke Lampung dari Jakarta Tak Sampai Rp 50 Ribu, Ini Caranya

2. Lanjutkan perjalanan darat

Usai sampai di Lampung, Anda bisa melanjutkan perjalanan kembali dengan bus, maupun travel ke berbagai tempat yang Anda tuju.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X