Mudik Lewat Kebumen, Yuk Mampir ke Destinasi Wisata di Gombong

Kompas.com - 29/05/2019, 16:11 WIB
Museum Roemah Martha Tilaar di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.Dok. Rumah Martha Tilaar Museum Roemah Martha Tilaar di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Keunggulan mudik melewati jalur Selatan Pulau Jawa, pemudik dapat singgah di pantai-pantai cantik. Tak terkecuali saat menyambangi Kebumen, di sana terdapat banyak pantai dan wisata sejarah.

Terutama di Kecamatan Gombong, menginap sehari untuk beristirahat dan berwisata tak ada salahnya. Berikut adalah wisata rekomendasi di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah:

1. Roemah Martha Tilaar

Rumah ini adalah rumah masa kecil pendiri Martha Tilaar Group, Martha Tilaar. Rumah bergaya klasik Eropa ini kini dipugar dan menjadi museum, galeri kerajinan tangan, coffee shop, dan pusat budaya dan ikon dari Gombong.

Baca juga: Rumah di Gombong Ini Jadi Tempat Wisata, Dulunya Dianggap Rumah Hantu

Rumah ini terletak di Jalan Sempor Lama Nomor 28, berada di kawasan pemukiman penduduk.

2. Benteng Van Der Wijck

Benteng ikon Gombong ini berada di Jalan Sapta Marga Nomor 100. Pada masa penjajahan Belanda berfungsi sebagai benteng pertahanan dan benteng administrasi. Pada penjajahan Jepang benteng ini sempat menjadi tempat pelatihan tentara PETA.

Setelah merdeka benteng ini lantas menjadi kantor PT KAI dan perumahan Batalyon 406. Kini menjadi taman wisata sejarah dan wisata yang sangat menarik dikunjungi. Ada kereta mini yang dapat ditumpangi di atap benteng.

3. Waduk Sempor

Obyek wisata di kawasan Desa Sempor, terkenal dengan pemandangan waduk yang tenang, Di sini wisatawan dapat menumpang perahu untuk berkeliling waduk. Waduk ini dapat dicapai sekitar 30 menit berkendara dari Kecamatan Gombong.

4. Pantai Menganti

Pantai yang satu ini berjarak 30 kilometer dari Kecamatan Gombong, tepatnya di Kecamatan Ayah. Pemandangan pantai di sini sangat indah. Lantaran tidak hanya pantai, tetapi juga tebing tinggi yang dapat disaksikan dari Tanjung Karangbata.

Terdapat anjungan foto dan berbagai fasilitas untuk wisatawan. Jika ingin berkemah di sekitar pantai, juga diperbolehkan.

5. Karangsambung

Ini juga berada di luar Kecamatan Gombong, tepatnya di Kecamatan Karangsambung. Daerah ini terkenal sebagai laboratorium alam geologi karena memiliki lanskap alam dan bebatuan yang unik.

Kawasan ini juga dinobatkan sebagai Cagar Alam Geologi. Ada baiknya menyewa jasa pemandu untuk menceritakan proses pembentukan bebatuan unik di kawasan ini.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X