Kompas.com - 29/05/2019, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keunggulan mudik melewati jalur Selatan Pulau Jawa, pemudik dapat singgah di pantai-pantai cantik. Tak terkecuali saat menyambangi Kebumen, di sana terdapat banyak pantai dan wisata sejarah.

Terutama di Kecamatan Gombong, menginap sehari untuk beristirahat dan berwisata tak ada salahnya. Berikut adalah wisata rekomendasi di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah:

1. Roemah Martha Tilaar

Rumah ini adalah rumah masa kecil pendiri Martha Tilaar Group, Martha Tilaar. Rumah bergaya klasik Eropa ini kini dipugar dan menjadi museum, galeri kerajinan tangan, coffee shop, dan pusat budaya dan ikon dari Gombong.

Baca juga: Rumah di Gombong Ini Jadi Tempat Wisata, Dulunya Dianggap Rumah Hantu

Rumah ini terletak di Jalan Sempor Lama Nomor 28, berada di kawasan pemukiman penduduk.

2. Benteng Van Der Wijck

Benteng ikon Gombong ini berada di Jalan Sapta Marga Nomor 100. Pada masa penjajahan Belanda berfungsi sebagai benteng pertahanan dan benteng administrasi. Pada penjajahan Jepang benteng ini sempat menjadi tempat pelatihan tentara PETA.

Setelah merdeka benteng ini lantas menjadi kantor PT KAI dan perumahan Batalyon 406. Kini menjadi taman wisata sejarah dan wisata yang sangat menarik dikunjungi. Ada kereta mini yang dapat ditumpangi di atap benteng.

3. Waduk Sempor

Obyek wisata di kawasan Desa Sempor, terkenal dengan pemandangan waduk yang tenang, Di sini wisatawan dapat menumpang perahu untuk berkeliling waduk. Waduk ini dapat dicapai sekitar 30 menit berkendara dari Kecamatan Gombong.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.