Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2019, 20:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com Gunung Lawu merupakan salah satu tujuan favorit wisata pendakian saat ini. Jalur pendakian yang jelas dan tidak terlalu memakan waktu merupakan daya tarik bagi para pendaki.

Ada tiga jalur populer menuju puncak Gunung Lawu yang biasa dilalui para pendaki. Ketiga jalur itu adalah Cemara Kandang dan Candi Cetho yang ada di Kabupaten Karanganyar, serta Jalur Cemoro Sewu di Kabupaten Magetan.

Baca juga: Bukit Mongkrang di Karanganyar yang Cocok untuk Pemula

Dari ketiga jalur pendakian tersebut, Cemoro Sewu menjadi jalur yang paling banyak dilalui para pendaki Gunung Lawu. Hal itu karena jarak tempuh menuju ke puncak yang lebih singkat daripada dua jalur lainnya.

Basecamp Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu berada di pinggir jalan tembus Karanganyar-Magetan. Lokasinya tidak begitu jauh dari Basecamp Pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang.

Seputar Basecamp Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Kebanyakan pendaki menuju Basecamp Cemoro Sewu dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Tentunya hal itu hanya bisa dilakukan mereka yang berdomisili di sekitar Gunung Lawu, misal Kota Solo atau Magetan.

Baca juga: 6 Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Namun bagi mereka yang tempat tinggal atau domisilinya jauh, seperti Jakarta, kemungkinan besar penggunaan kendaraan pribadi kurang populer. Menggunakan kendaraan umum menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan.

Peta Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu dan Cemara Kandang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Peta Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu dan Cemara Kandang.
Untunglah menuju Basecamp Cemoro Sewu menggunakan kendaraan umum bukanlah hal yang sulit. Meski tidak bisa sekali jalan, pilihan moda transportasi tetap bisa didapatkan dengan mudah.

KompasTravel sempat berkunjung ke Basecamp Cemoro Sewu pada Jumat (21/06/2019) dan bertanya tentang panduan transportasi bagi para pendaki dari wilayah barat, seperti Jakarta atau Bandung yang ingin mendaki Gunung Lawu via Cemoro Sewu dan Cemara Kandang.

Menuju Basecamp Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Jumat itu, KompasTravel bertemu dengan petugas basecamp bernama Arik Purnomo yang menjabarkan tentang info transportasi umum menuju Basecamp Cemoro Sewu. Berikut ini panduan transportasi yang bisa kamu ikuti.

1 Menuju Kota Solo

Moda transportasi paling mudah pertama yang bisa digunakan para pendaki adalah kereta api. Jika menggunakan kereta ekonomi, maka pendaki bisa turun di stasiun Purwosari atau Solojebres. Lebih baik jika tiba di Kota Solo pada pagi atau dini hari.

Selanjutnya dari stasiun, perjalanan dilanjutkan menuju Terminal Tirtonadi. Ada banyak transportasi yang bisa digunakan, mulai bus kecil, Batik Solo Trans, hingga ojek atau taksi online.

2 Naik bus menuju Terminal Tawangmangu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com