Sarapan Makan Roti Gambang, Ini Cara Paling Enak Menikmatinya

Kompas.com - 20/10/2019, 07:00 WIB
Roti Gambang atau Ganjel Rel merupakan hidangan sarapan orang-orang Belanda di Indonesia yang berakulturasi dengan bahan-bahan lokal Indonesia. ShutterstockRoti Gambang atau Ganjel Rel merupakan hidangan sarapan orang-orang Belanda di Indonesia yang berakulturasi dengan bahan-bahan lokal Indonesia.


JAKARTA, KOMPAS.com – Roti gambang di Jakarta atau roti ganjel rel di Semarang merupakan satu jenis roti yang sama. Baru-baru ini roti gambang masuk daftar 50 roti terbaik di dunia versi CNN.

Cita rasanya yang manis dari gula aren dan wangi aroma kayu manis dibalut dengan tekstur keras berwarna cokelat. Taburan wijen yang penuh di punggungnya menambah rasa unik di lidah.

Pada masa kolonial, roti gambang dikenal sebagai roti yang kerap dinikmati orang Belanda atau Hindia Belanda.

Baca juga: Roti Gambang dan Roti Ganjel Rel, Adakah Perbedaannya?

 

Namun sejak era kemerdekaan, roti tersebut bergeser eksistensinya menjadi hidangan sarapan orang Betawi dan orang Semarang.

Menikmati roti gambang ternyata ada cara-caranya agar rasa manis nan unik dari roti bertekstur keras ini dapat terasa menendang lidah kita.

Baca juga: Apa Itu Roti Gambang? Roti Jadul Favorit yang Bikin Kenyang

Menurut Budayawan Betawi Yahya Adi Saputra, keluarga Betawi dari dulu biasa menikmati roti gambang pada pagi hari yaitu sebagai hidangan sarapan.

“Jadi dari dulu kita keluarga Betawi udah tiap pagi sarapan pakai roti gambang, dulu sih gampang nyarinya, sekarang rada susah,” kata Yahya ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (18/10/2019).

Yahya melanjutkan, cara paling enak menikmati roti gambang adalah dengan ditemani kopi atau teh manis.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X