5 Hidangan Sichuan yang Wajib Kamu Coba

Kompas.com - 26/11/2019, 20:00 WIB
Hidangan ayam kung pao yang berasal dari Sichuan, Tiongkok. SHUTTERSTOCKHidangan ayam kung pao yang berasal dari Sichuan, Tiongkok.


JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap daerah pasti memiliki ciri khas makanan yang akan mengoyang lidah setiap wisatawan yang singgah.

Sichuan, salah satunya. Provinsi di China ini punya makanan khas, seperti Sichuan “ma-la” hotpot yang dijamin bikin para pecinta makanan pedas ketagihan.

Baca juga: 5 Warisan Dunia di Sichuan China yang Menarik Dikunjungi

Belum lagi Chengdu, Ibu Kota Sichuan, masuk dalam daftar City of Gastronomy daro UNESCO, sehingga kuliner di daerah itu pun bisa jadi menggiurkan dan perlu dicoba.

"Kamu bisa menemukan banyak makanan pedas di sana. Makanan-makanan lokal yang harus dicoba pun sangat beragam," jelas Director of International Cooperation and Exchanges, Culture and Tourism Department of Sichuan Province Yuan Shijun.

Hal ini disampaikan di acara Sichuan Tourism Roadshow yang diadakan di Mandarin Oriental Hotel pada Senin, (25/11/2019).

Baca juga: Pemerintah Sichuan China Targetkan 200.000 Wisatawan dari Indonesia

Berikut hidangan Sichuan yang perlu kamu coba saat bertandang ke salah satu provinsi di China tersebut:

1. Gong Bao Ji Ding

Gong Bao Ji Ding, atau sering kali disebut ayam kung pao merupakan makanan dari bahan dasar ayam yang dipotong dan diiris seperti dadu.

Campuran bumbu yang diberikan adalah cabai dan daun bawang, sehingga masakan ini terasa pedas.

Ayam, cabe, dan kacang mede dipotong dengan besar ukuran yang hampir sama.

Baca juga: Ayam Kung Pao yang Mendunia Ternyata Dibuat Tak Sengaja

Soal rasa, saat satu suapan masuk dalam mulut, kamu akan ada paduan gurih dari kacang mede dan pedas dari potongan cabai. Plus, rasa segar dari irisan daun bawang.

Ada pun soal sejarah, nama sajian ini terinspirasi dari nama gubernur Sichuan pada zaman Dinasti Qing.

Pada abad ke-19, Ding Baozhen (1820–1886) merupakan kepala provinsi Shandong, dan kemudian gubernur provinsi Sichuan, dan gelarnya, Gong Bao, atau penjaga istana, adalah asal nama "Kung Pao".

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X