Tips Bakar Ikan dengan Mudah untuk Pesta Barbeque Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2019, 08:06 WIB
Ikan yang tengah dibakar di alat pemanggang milik kios Idris Marsuki, di Foodcourt Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Nicholas Ryan AdityaIkan yang tengah dibakar di alat pemanggang milik kios Idris Marsuki, di Foodcourt Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pesta barbeque identik dilakukan ketika malam tahun baru. Daging yang dibakar biasanya berupa ikan, ayam, cumi, udang dan lainnya.

Terkadang proses pembakaran daging saat pesta barbeque menemui kendala. Mulai dari rasa yang tidak nikmat hingga prosesnya yang terlalu lama hingga menyebabkan daging menjadi gosong.

Kompas.com berkunjung ke Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (18/12/2019). 

Baca juga: Pasar Ikan Modern Muara Baru, Tempat Belanja Seafood Murah untuk Tahun Baru

Idris Marsuki yang berbisnis bakar ikan ini di Pasar Ikan Muara Baru Sejak 1992 memberi tips membakar ikan ala tanah kelahirannya Bugis, Sulawesi Selatan.

"Paling utama sih kalau kita bakar ikan itu gak boleh lebih dari 10-15 menitan lah. Kalau kelamaan itu ya ikan pertama jadi gosong, terus rasanya juga tidak nikmat sama sekali," kata Idris kepada Kompas.com.

Berikut tips membakar ikan dari penyedia jasa bakar-bakar di food court Pasar Ikan Modern Muara Baru:

Idris Marsuki tengah mengipaskan daging ikan di panggangan milik kiosnya. Pengunjung bisa menikmati hasil laut dengan membakarnya di area foodcourt Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Dengan membayar Rp 25.000 untuk jasa bakar, pengunjung sudah bisa menikmati ikan atau pun hasil laut lainnya.Nicholas Ryan Aditya Idris Marsuki tengah mengipaskan daging ikan di panggangan milik kiosnya. Pengunjung bisa menikmati hasil laut dengan membakarnya di area foodcourt Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Dengan membayar Rp 25.000 untuk jasa bakar, pengunjung sudah bisa menikmati ikan atau pun hasil laut lainnya.

1. Bolak-balik daging ikan sebanyak empat kali selama proses pemanggangan

Tips pertama dari Idris adalah selama memanggang kita perlu membolak-balikkan panggangan yang berisi daging ikan sebanyak empat kali.

Tahapan bolak-balik yang pertama yaitu bertujuan untuk melihat kematangan pada separuh daging.

"Kira-kira separuh udah mateng belum nih. Nah baru dibalik. Jadi perhitungannya matang separuh kita balik, lalu tungguin aja," kata Idris kepada Kompas.com.

Lanjutnya, memanggang ikan tidak perlu membolak-balik terlalu banyak karena jika separuh daging sudah matang, separuhnya lagi bisa dipastikan juga akan matang.

Baca juga: Bujet Rp 100.000 Belanja ke Pasar Ikan Modern Muara Baru, Dapat Apa Saja?

Pengolesan bumbu kuning pada daging ikan merupakan sebuah proses dalam memanggang ikan agar daging ikan semakin nikmat.Nicholas Ryan Aditya Pengolesan bumbu kuning pada daging ikan merupakan sebuah proses dalam memanggang ikan agar daging ikan semakin nikmat.

2. Masukkan bumbu

Usai tahapan bolak-balik panggangan, langkah berikutnya adalah memasukkan bumbu pada daging ikan.

Idris biasanya menggunakan bumbu kuning pada ikan yang dibakarnya.

"Kalau kami di sini pakai bumbu kuning itu sudah khas banget buat ikan bakar. Ini akan membuat ikan lebih gurih dan berwarna. Tinggal olesin aja," jelasnya.

Baca juga: Nikmatnya Olahan Bebek dengan Bumbu Genep Khas Bali

Idris mengatakan bumbu kuning ini didapat dari berbagai bumbu dapur seperti bawang merah dan putih, kunyit, kemiri, jahe, lengkuas, merica, dan garam.

"Olesin saja ke semua badan ikan, dalamnya juga jangan lupa. Terus kita bakar kedua sisinya hingga matang, nanti rasa akan gurih. Sedap banget pokoknya. Nanti biasanya ditambahin jeruk nipis biar segar, kalau mau pedas tinggal tambah cabe merah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X