Langkah-langkah Antisipasi Taiwan Menghadapi Virus Corona

Kompas.com - 25/02/2020, 10:50 WIB
Pekerja bermasker melakukan kegiatan desinfeksi di area Bandara Internasional Taoyuan, Taiwan, Rabu (22/1/2020), menyusul temuan warga diduga terinfeksi virus corona di negara itu. Hingga saat ini, sudah 12 negara di berbagai belahan Bumi yang positif mengumumkan terdampak virus corona yang dilaporkan sudah menjangkiti 1.300 orang dan membunuh 41 orang di China. AFP/CHEN CHI-CHUANPekerja bermasker melakukan kegiatan desinfeksi di area Bandara Internasional Taoyuan, Taiwan, Rabu (22/1/2020), menyusul temuan warga diduga terinfeksi virus corona di negara itu. Hingga saat ini, sudah 12 negara di berbagai belahan Bumi yang positif mengumumkan terdampak virus corona yang dilaporkan sudah menjangkiti 1.300 orang dan membunuh 41 orang di China.


JAKARTA, KOMPAS.com - Wabah virus corona meluas tidak hanya di daratan China, juga di beberapa negara lain seperti Jepang, Korea Selatan, Singapura, Filipina hingga Taiwan.

Dikutip berita Kompas.com pada Sabtu (22/2/2020), tercatat ada 15 orang meninggal dunia akibat virus corona di luar China. Kematian pertama dikabarkan dari Filipina, disusul Jepang, Perancis, Taiwan, Korsel, Iran, dan Italia.

Lalu bagaimana antisipasi yang sudah dilakukan Taiwan dalam menanggulangi virus corona?

Baca juga: Banyak Wisatawan Indonesia Batalkan Kunjungan ke Taiwan Akibat Virus Corona

Direktur Taiwan Tourism Bureau untuk Malaysia, Filipina, Indonesia dan Brunei, Abe Chou, mengatakan sejauh ini Taiwan sudah bergerak melawan virus, mulai dari diri sendiri hingga pemerintah.

"Jadi kalau di Taiwan sendiri, cara melindungi diri atau antisipasinya adalah dengan pakai masker di tempat-tempat terbuka terlebih di dalam transportasi umum," kata Abe kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (24/2/2020).

"Selain itu, kalau mereka merasak enggak enak badan, mereka langsung mengarantina dirinya sendiri di rumah," lanjutnya.

Baca juga: Seharian di Lihpao Taiwan, dari Main Gokart sampai Bianglala Tertinggi

Abe menambahkan, warga Taiwan yang sekiranya sudah merasa sakit, demam, atau mengalami gejala flu akan mengarantina dirinya sendiri selama 14 hari di dalam rumah.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X