Diskon Tiket Pesawat, Ini Daftar Insentif Pemerintah Akibat Corona

Kompas.com - 26/02/2020, 11:05 WIB
Ilustrasi turis Dok. Kemenparekraf RIIlustrasi turis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Republik Indonesia (RI) sepakat memberikan paket insentif khusus parwisata Indonesia untuk mengatasi dampak akibat virus corona.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, paket insentif tersebut akan mengakselerasi kinerja sektor, sekaligus menarik kunjungan wisatawan.

Sebab, menurut Wishnutama, pariwisata yang telah ditetapkan sebagai leading sector menjadi salah satu sektor yang paling terdampak mewabahnya virus corona.

Baca juga: Wisata Saat Wabah Virus Corona, Ini Pengalaman Wisatawan Indonesia Saat di Bandara

Padahal selama ini pariwisata merupakan sektor padat karya yang menyerap lebih dari 13 juta pekerja.

Angka itu belum termasuk dampak turutan atau multiplier effect yang mengikuti termasuk industri turunan yang terbentuk di bawahnya.

Merespons hal tersebut, Pemerintah RI menginisiasi sejumlah terobosan sebagai upaya agar mobilisasi wisatawan baik wisman ( wisatawan mancanegara) maupun wisnus ( wisatawan nusantara) tidak terganggu secara signifikan.

Baca juga: Pengalaman Wisatawan Indonesia Liburan ke Luar Negeri saat Isu Corona

"Pemerintah dalam hal ini sangat concern untuk menerbitkan beberapa kebijakan yang sangat penting untuk menyelamatkan industri pariwisata," kata Wishnutama dalam keterangan pers, Selasa (25/2/2020).

Dengan demikian, lanjut Wishnutama, bisa memberikan manfaat bagi masyarakat lokal yang bekerja di industri pariwisata.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X