Rumah Sakit Kepenuhan, Muncul Wacana Ubah Hotel Jadi Tempat Pasien Corona

Kompas.com - 18/03/2020, 14:00 WIB
ILUSTRASI - Kamar hotel PixabayILUSTRASI - Kamar hotel


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana "menyulap" Hotel Patra Comfort, Jakarta untuk menampung orang dalam pengawasan (ODP) virus corona.

Selain itu, Rumah Sakit Pertamina Jaya juga telah menyediakan ruangan untuk pasien corona.

“Jadi nanti yang 65 itu (tempat tidur RS) ditambah 52 (tempat tidur) yang di hotel untuk ODP, jadi safe house,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Erick Thohir Mau Sulap Hotel Jadi Ruangan Isolasi Virus Corona

Nantinya, operasional seluruh bagian dari rumah sakit dan hotel yang telah diubah jadi pusat perawatan ODP dan pasien corona akan dipegang oleh 10 dokter spesialis, 8 dokter umum, dan 3 perawat terlatih.

Wacana yang sama juga terjadi di Inggris

Ide Erick Thohir ini sejalan dengan beberapa wacana untuk mengubah hotel menjadi tempat perawatan ODP atau pasien virus corona di berbagai negara.

Seperti ide dari grup hotel Best Western Great Britain (BWGB). Dilansir dari Forbes, banyak rumah sakit dari London hingga New York yang menghadapi kekurangan tempat tidur karena begitu banyak pasien virus corona yang harus dirawat.

Grup BWGB mempertimbangkan untuk menjadikan hotel-hotel mereka yang kosong karena krisis ini, untuk dijadikan "rumah sakit" sementara.

Eropa kini jadi pusat pandemi corona dengan sekitar satu per tiga kasus dan kematian global.

Hal ini sangat berdampak pada banyak rumah sakit, terutama di wilayah Italia dan Spanyol serta Inggris yang jumlah kasusnya mencapai 1.144, sekitar 2 persen dari total kasus di Eropa.

Kepulauan Orkney menjadi salah satu wilayah terbaik untuk ditinggali di Inggris Raya.SHUTTERSTOCK/COLOMBO NICOLA Kepulauan Orkney menjadi salah satu wilayah terbaik untuk ditinggali di Inggris Raya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X