Obyek Wisata Pantai Batayan Aceh Utara Ditutup untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Kompas.com - 31/03/2020, 12:37 WIB
Pantai Bantayan di Desa Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, ditutup, Sabtu (28/3/2020) KOMPAS.com/MASRIADI Pantai Bantayan di Desa Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, ditutup, Sabtu (28/3/2020)

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Sejumlah obyek wisata pantai berada di Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (29/3/2020) terlihat sepi.

Obyek wisata paling ramai biasa dikunjung di Aceh Utara yaitu Pantai Bantayan.

Sebelumnya pemerintah menutup sejumlah obyek wisata untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Koordinator Obyek Wisata Bantayan, Aceh Utara, Miftahuddin, Minggu (29/3/2020) menyebutkan sebelum penutupan kawasan pantai itu telah digelar rapat bersama dengan camat dan seluruh kepala desa.

Baca juga: Citilink Tangguhkan Penerbangan Medan-Aceh Utara, Wings Air Kurangi Jadwal Penerbangan

“Kami selaku masyarakat selaku pengelola berkewajiban memenuhi segala kewajiban yang diintruksikan pemerintah demi menjaga keselamatan warga dan pengunjung,”katanya.

Dari sisi ekonomi, sambung Miftahuddin, tentu berdampak. Banyaj pedagang yang rugi lantaran tak dapat berjualan. 

Miftahuddin mengatakan ada 37 pondok tempat usaha warga untuk menjual beraneka macam makanan.

Perahu nelayan di Pantai Bantayan, Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Perahu nelayan di Pantai Bantayan, Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).

 

Pembangunan pondok yang berkontruksi kayu tersebut, dimulai tiga tahap yaitu dari tahun 2016, 2017 hingga rampung pada 2018.

“Pondok itu disewakan bukan hanya warga Gampong Bantayan, ada juga ada juga warga dari Ule Matang, dan Ule Reubek Timur,”katanya.

Dia mengaku, untuk biaya parkir dan tiket masuk warga bisa memperoleh sedikitnya Rp 600.00 setiap minggunya.

Baca juga: 27 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Tutup untuk Antisipasi Penyebaran Corona

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X