Cara Menyimpan Jus dan Smoothies yang Benar Agar Gizi Tak Hilang

Kompas.com - 16/05/2020, 21:55 WIB
Ilustrasi jus perpaduan buah dan sayur. ShutterstockIlustrasi jus perpaduan buah dan sayur.


JAKARTA, KOMPAS.com – Mengolah buah dan sayur menjadi jus atau smoothies jadi salah satu cara paling sederhana untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur segar tersebut.

Kadang kala, aktivitas yang padat dan apalagi saat ini bulan puasa, bisa membuat kita jadi sulit meluangkan waktu untuk membuat jus dan smoothies untuk langsung diminum.

Banyak orang yang kemudian memilih untuk mengolah jus dan smoothies dalam jumlah banyak untuk kemudian diminum secara bertahap. Jus dan smoothies tersebut pun disimpan lebih dahulu dalam lemari pendingin.

Hal itu tidaklah salah, tapi jika cara penyimpanannya tak benar maka gizi yang terkandung dalam jus atau smoothies tersebut akan hilang.

Dr. Rita Ramayulis, seorang praktisi gizi bidang klinik dan olahraga mengatakan bahwa jus dan smoothies memang boleh disimpan di lemari es setelah dibuat.

Buah yang diblender dan buah utuh itu kandungan gizinya sama saja. Yang membedakan gizinya adalah ketika diblender jus ini dibiarkan terbuka begitu saja,” ujar Rita dalam sesi Live Instagram pada akun @kriyaria dengan topik “Minuman Jus, Smoothie, dan Minuman Rempah Penguat Kekebalan Tubuh”, Rabu (13/5/2020).

“Seperti kalau kita makan di restoran, pesan air jeruk, lalu selama kita makan air jeruknya dibiarkan terbuka dan kita minum di akhir makan. Di situ terjadilah proses oksidasi yang membuat kandungan gizinya beda dengan air jeruk segar yang baru diperas,” sambung dia.

Ilustrasi smoothie pisangMizina Ilustrasi smoothie pisang

Proses oksidasi adalah interaksi antara molekul oksigen dan semua zat yang berbeda. Jika peristiwa oksidasi ini terjadi, kata Rita, maka akan menurunkan jumlah vitamin yang ada dalam buah tersebut.

“Pokoknya kalau vitamin yang terkandung dalam buah itu sudah dalam keadaan tidak tertutup oleh dinding sel buah-buahan, dia akan mudah menyatu dengan oksigen kita.”

Maka dari itu, setelah buah atau sayur diblender, sebaiknya langsung diminum habis agar kandungan gizi tak berkurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X