7 Buah yang Paling Cocok Dijadikan Jus dan Smoothies, Bisa Diminum Saat Sahur?

Kompas.com - 17/05/2020, 18:08 WIB
Ilustrasi jus buah shutterstockIlustrasi jus buah


JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara mudah untuk mendapatkan nutrisi dari buah selain mengonsumsinya langsung adalah dengan mengolahnya menjadi jus.

Semua buah bisa diolah menjadi jus dan smoothies. Tergantung pada selera masing-masing orang, lebih suka rasa dari buah yang asam, manis, atau cenderung netral.

Baca juga: Cara Menyimpan Jus dan Smoothies yang Benar Agar Gizi Tak Hilang

Menurut Dr. Rita Ramayulis, seorang praktisi gizi bidang klinik dan olahraga, semua buah bisa dijadikan smoothies tapi beberapa buah khususnya punya nilai lebih dalam membangun imunitas tubuh.

Dalam sesi Live Instagram di akun @kriyaria dengan topik “Minuman Jus, Smoothie, dan Minuman Rempah Penguat Kekebalan Tubuh” pada Rabu (13/5/2020), Rita menjelaskan beberapa buah tersebut.

Jambu biji

Buah pertama adalah jambu biji. Buah jambu biji dalam beberapa jurnal penelitian menurut Rita memiliki keunggulan untuk imunitas tubuh.

“Kalau mau bikin jus dan smoothies itu utamakan jambu biji karena di sana ada kuersetin yang bisa menghambat replikasi virus menurut penelitian yang saya baca,” kata Rita.

Ilustrasi jambu bijiYamtono_Sardi Ilustrasi jambu biji

Jeruk manis

Selain jambu biji, kamu juga bisa mengonsumsi jeruk yang punya rasa manis. Rita tidak merekomendasikan air jeruk dengan rasa asam untuk orang yang sedang berpuasa.

“Karena puasa itu mengurangi jam tidur kita yang kalau tidak bisa kita manage dengan baik pasti produksi asam lambung akan naik. Kalau dengan buah yang asam akan menstimulasi naiknya asam lambung,” papar Rita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X