Kompas.com - 23/05/2020, 17:18 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) menemukan, sebanyak 44.295 pekerja seni dan kreatif terkena dampak pandemi Covid-19.

Menghadapi situasi ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio segera mengambil langkah untuk memberikan bantuan kepada pekerja sektor seni dan kreatif.

“Selain sektor pariwisata, kami juga mengusulkan para pekerja seni dan kreatif untuk mendapatkan bantuan, sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas tentang penanganan dampak Covid-19 yang telah menyetujui agar dapat diberikan bantuan sosial kepada pekerja seni dan kreatif," kata Wishnutama dalam keterangan resmi diterima Kompas.com, Sabtu (23/5/2020).

Lebih lanjut Wishnutama menjelaskan, sebetulnya program bantuan sudah dimulai sejak pertengahan April lalu lewat pengumpulan dan pemutakhiran data pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19.

Baca juga: Butet Kartaredjasa Dorong Wishnutama Bantu Pekerja Seni Terdampak Corona

Datanya sendiri merupakan gabungan dari Kemenparekraf dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kedua laporan ini kini tengah menjalani proses verifikasi di Kementerian Sosial untuk implementasinya.

"Kami mengapresiasi dukungan dan kerjasama baik Menteri Sosial dan jajarannya yang telah membantu proses tanpa mengurangi akuntabilitas agar para pekerja seni dan kreatif yang terdampak Covid-19 mendapat bantuan," kata Wishnutama.

Ke depan, Kemenparekraf/Baparekraf sendiri akan terus menggulirkan program mandiri guna membantu pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak Covid-19.

Adapun program dimaksud berupa pendampingan dan pelatihan daring sebagai upaya upskilling dan reskilling SDM pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Saat Reza Rahadian Resah, Adukan Nasib Pekerja Seni Terdampak Corona ke Dirjen Kebudayaan

Dengan demikian, para pekerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa memperoleh pengetahuan tambahan dan kompetensi agar nantinya siap kembali bekerja usai pandemi.

"Saya menekankan bahwa Kemenparekraf/Baparekraf akan terus menjalankan program mitigasi lainnya guna mengatasi dampak Covid-19 terhadap pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait," kata Wishnutama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.