Sebanyak 3.571 Pekerja Pariwisata di Padang Dirumahkan

Kompas.com - 25/05/2020, 21:09 WIB
 Matahari terbenam di Pantai Air Manis, Padang, Sumatera Barat, Selasa (7/6/2011). KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Matahari terbenam di Pantai Air Manis, Padang, Sumatera Barat, Selasa (7/6/2011).

PADANG, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Padang, Sumatera Barat (Sumbar), memperkirakan pekerja sektor pariwisata yang terdampak kondisi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di daerah setempat mencapai 3.571 orang.

"Berdasarkan data diperkirakan ada 3.571 pekerja sektor pariwisata yang terdampak baik berupa pemberhentian kerja atau dirumahkan, periode Februari hingga Mei 2020," kata Kepala Dinas Pariwisata Padang Arfian, di Padang, Minggu (24/5/2020), seperti dikutip dari Antara.

Ia merinci pekerja tersebut di bidang perhotelan sebanyak 1.268 orang, sektor restoran 1.428 orang, dan hiburan 875 orang.

Baca juga: Industri Hotel Lesu, Banyak Pekerja Hotel yang Dirumahkan

Selain itu pihaknya juga memperkirakan pada periode Februari-Mei kehilangan kesempatan transaksi dari hotel, restoran, serta hiburan mencapai Rp 174 miliar, karena tidak bisa beraktivitas atau terhenti di tengah pandemi.

Sementara itu, kehilangan kesempatan transaksi masyarakat dari sektor informal di obyek wisata mencapai Rp7 miliar.

Perkiraan kehilangan kesempatan transaksi masyarakat dari sektor kebudayaan, sanggar dan seni tradisional mencapai Rp 981 juta.

Ilustrasi housekeeping atau pekerja di hotel. Dok. Shutterstock/Dragon Images Ilustrasi housekeeping atau pekerja di hotel.
Upaya genjot pariwisata

Arfian tidak menampik akan butuh upaya ekstra untuk menggenjot kembali sektor pariwisata ketika nanti kondisi normal dan pandemi berakhir.

Namun, katanya, beberapa langkah persiapan telah disiapkan. Salah satunya bantuan modal usaha bagi pelaku usaha yang terdampak.

"Mereka tentu butuh modal usaha, karena itu kami akan merangkul Perbankan sebagai solusi modal usaha itu dengan memberikan bunga yang rendah," katanya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X