Sumatera Barat Bikin Panduan Protokol New Normal Pariwisata, Apa Saja?

Kompas.com - 03/06/2020, 23:02 WIB
Tebing-tebing di Ngarai Sianok. SHUTTERSTOCK/M RIZAL PURNAWANTebing-tebing di Ngarai Sianok.

KOMPAS.com - Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu daerah yang siap dan sudah membuka pariwisata di masa new normal pandemi Covid-19 (virus corona).

Kesiapan tersebut dilihat dari panduan standar operasional prosedur (SOP) protokol new normal pariwisata yang sudah disusun.

Sementara salah satu daerah Sumbar yang sudah membuka pariwisatanya yakni Bukittinggi

Baca juga: Dispar Sumbar Simulasikan Kunjungan Wisatawan Era New Normal

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial mengungkapkan protokol new normal pariwisata dapat dijadikan panduan bagi kabupaten/kota di Sumbar setelah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir.

"Karena mau tidak mau, setelah PSBB (kabupaten/kota di Sumbar) habis, maka masuk normal baru, sehingga perlu panduan sop new normal untuk pariwisata," ujar Novrial saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/5/2020).

Protokol new normal tersebut, lanjut Novrial, sesuai dengan kaidah program cleanlinesshealthy dan safety (CHS). Plus, peraturan daerah (perda) wisata halal yang dimiliki Sumbar.

Baca juga: Pemprov Sumbar Minta Daerah Siapkan Protokol Wisata Era New Normal

Lalu apa saja panduan SOP new normal pariwisata Sumbar?

Jam Gadang, bangunan ikonik di Bukittinggi. SHUTTERSTOCK/KIWIGRAPHY STUDIO Jam Gadang, bangunan ikonik di Bukittinggi.
Berdasarkan dokumen yang diterima Kompas.com, SOP tersebut ditujukan untuk enam usaha pariwisata, seperti daya tarik wisata unggulan, penyediaan jasa akomodasi.

Kemudian, jasa makanan, jasa transportasi pariwisata, jasa perjalanan wisata dan jasa pramuwisata.

"Di situ (SOP) kita bicarakan kriteria obyek, perlakuan pengunjung di obyek, kriteria pengelolaan obyek," ungkap Novrial. 

Baca juga: Wisata Bukittinggi Buka Kembali, Wisatawan Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X