Apa Itu Staycation? Liburan yang Diprediksi Jadi Tren Selama Pandemi

Kompas.com - 29/07/2020, 09:45 WIB
Ilustrasi staycation. SHUTTERSTOCKIlustrasi staycation.

KOMPAS.comStaycation, juga dikenal dengan berlibur dekat dengan rumah, diprediksi akan semakin digandrungi masyarakat selama pandemi Covid-19.

Bahkan, beberapa waktu belakangan sudah terlihat beberapa hotel menawarkan paket staycation dengan harga dan penawaran yang terbilang cukup menarik.

Kendati demikian, staycation bukan hanya seputar menginap di hotel saja seperti apa yang mungkin diketahui sebagian orang.

Baca juga: Staycation di Banyuwangi, 6 Penginapan Dekat Pantai Solong

Lantas, apa itu staycation?

Mengutip How Stuff Works, pengertian staycation diartikan sebagai kombinasi dari berlibur dan tetap berada di rumah.

Meski terdengar membosankan, tetapi kamu bisa membuatnya menarik jika melakukannya dengan benar.

Sementara menurut Inn on the Drive, staycation adalah kegiatan liburan di dekat rumah. Banyak orang memilih untuk tetap tinggal di rumah selama staycation.

Namun ada juga orang-orang yang memilih untuk menginap di hotel selama staycation hanya untuk keluar dari rumah. Hotel yang dipilih biasanya masih berada dalam area tempat tinggal mereka.

Berlibur di lingkungan yang berbeda

Sama seperti berlibur sambil melancong, staycation mengarah pada relaksasi dan bersenang-senang. Staycation adalah gaya berlibur untuk fokus pada diri sendiri atau “me time”.

Baca juga: 4 Penginapan Glamping di Bali untuk Staycation

Selama melakukan staycation, beberapa tempat di dekatmu mungkin sangat mirip dengan beberapa tempat wisata yang biasa dikunjungi wisatawan untuk berlibur.

Jika berbicara tentang liburan, apa yang muncul di pikiranmu mungkin sebuah piknik di danau, sarapan di tempat tidur, atau berkunjung ke taman hiburan.

Dalam melakukan staycation, kamu hanya perlu merubahnya menjadi tempat dekat rumahmu seperti danau lokal, atau menyuruh anak-anakmu untuk membawakan sarapan untuk disantap di tempat tidur.

Bisa juga berkunjung ke taman hiburan dekat rumah yang sudah lama tidak kamu kunjungi. Dalam beberapa hal, melakukan hal-hal tersebut bisa memiliki lebih sedikit stres.

Kamu tidak perlu menyiapkan barang bawaan, mengantre di bandara, menunggu kemacetan lalu lintas, atau terburu-buru harus sampai pada tempat tujuan pada waktu tertentu.

Hemat biaya dan bantu ekonomi lokal

Selama masa pandemi, tidak jarang terlihat beberapa pegiat industri pariwisata harus megalami keterpurukan dalam sektor ekonomi.

Nah, dengan staycation, kamu bisa membantu toko, restoran, dan penginapan setempat mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Bagaimana Tren Staycation Selama Era New Normal?

Sebab, masyarakat setempat lebih memilih untuk berwisata di daerahnya ketimbang melancong ke luar kota.

Staycation juga hemat, karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bensin atau tiket pesawat.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X