Kompas.com - 07/08/2020, 19:04 WIB
Ilustrasi Belgia - Pemandangan di Kota Gent. SHUTTERSTOCKIlustrasi Belgia - Pemandangan di Kota Gent.

KOMPAS.com – Belgia melarang warganya berwisata di beberapa wilayah Benua Eropa karena masuk dalam daftar zona merah Covid-19 Belgia.

Melansir Forbes, Rabu (5/8/2020), sebagian besar Eropa mengalami kebangkitan kembali dari Covid-19.

Meski begitu, sejumlah negara memberlakukan pembatasan baru untuk kegiatan wisata dari dan menuju bagian tertentu Benua Biru.

Bahkan, sejumlah negara juga menutup perbatasan dan melarang seluruh kegiatan wisata, kecuali perjalanan penting ke beberapa negara atau wilayah di dalamnya.

Baca juga: Asyiknya Bersepeda Saat Hujan Salju di Belgia!

Belgia sendiri tengah mengalami lonjakan kasus baru Covid-19, sehingga pemerintah setempat melarang perjalanan ke tempat-tempat tertentu di Eropa dengan krisis Covid-19 lebih buruk.

Pada Sabtu (1/8/2020), Kementerian Luar Negeri Belgia memperluas daftar zona merahnya dengan menambahkan bagian dari Swiss, Perancis, Spanyol, Bulgaria, dan Romania. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan penambahan itu, ada 12 tempat yang masuk dalam daftar zona merah Belgia, termasuk seluruh Lituania. Adapun, 12 tempat itu yakni sebagai berikut:

  1. Jenewa di Swiss.
  2. Mayenne di Perancis.
  3. Basque di Navarre, Spanyol.
  4. Seluruh Lituania.
  5. Vukovar-Srijem di Kroasia.
  6. Empat wilayah di Romania.
  7. Dua wilayah di Bulgaria.
  8. Leicester di Britania Raya.

Akibatnya, seluruh perjalanan tidak penting ke 12 kawasan itu tidak diizinkan. Siapa pun yang datang dari sana harus dites Covid-19 dan menjalani karantina.

Baca juga: Turis Inggris Wajib Karantina Usai Berlibur di Spanyol

“Zona merah adalah kota, distrik, kawasan, atau negara yang diisolasi kembali oleh negara yang bersangkutan, atau di mana wisatawan asal Belgia berada pada risiko infeksi yang sangat tinggi," ujar pemerintah Belgia, dikutip dari Forbes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Forbes
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.