Kompas.com - Diperbarui 16/01/2022, 19:20 WIB
Calon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020). Meski penerbangan telah kembali dibuka dengan persyaratan  seperti penumpang harus dengan memiliki hasil rapid atau PCR test negatif COVID-19, suasana di Bandara Soekarno Hatta masih terpantau sepi. ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRACalon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020). Meski penerbangan telah kembali dibuka dengan persyaratan seperti penumpang harus dengan memiliki hasil rapid atau PCR test negatif COVID-19, suasana di Bandara Soekarno Hatta masih terpantau sepi.

KOMPAS.comBandara Soekarno-Hatta atau I Gusti Ngurah Rai mungkin adalah dua bandara internasional di Indonesia paling populer.

Namun, ternyata Indonesia memiliki 30 bandara internasional. Bandara-bandara internasional itu tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Banyaknya bandara internasional di Indonesia sempat disinggung Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Saat ini terdapat 30 bandara internasional, apakah diperlukan sebanyak ini?” kata Jokowi dalam rapat terbatas Penggabungan BUMN di Sektor Aviasi dan Pariwisata di Istana Merdeka, Kamis (06/08/2020), dilansir dari Kompas.com.

Menurut dia, tidak ada negara yang memiliki bandara internasional sebanyak Indonesia. Lantas, di mana saja 30 bandara internasional di Indonesia itu berlokasi?

Baca juga: RI Punya 30 Bandara Internasional, Jokowi: Apa Perlu Sebanyak Ini?

Bandara internasional di Indonesia

1. Bandara Soekarno-Hatta, Banten

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Minggu (24/10/2021). Ini adalah Salah satu bandara internasional di Indonesia.KOMPAS.com/Nabilla Ramadhian Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Minggu (24/10/2021). Ini adalah Salah satu bandara internasional di Indonesia.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta terletak di Tangerang, Banten dan memiliki kode bandara CGK. Bandara ini memiliki tiga terminal dan beberapa fasilitas.

Fasilitas Bandara Soekarno-Hatta salah satunya adalah Digital Lounge yang tersedia di seluruh terminal.

Di sana, para penumpang bisa menikmati beberapa fasilitas, seperti komputer dengan akses internet, wifi gratis, bahkan mesin kopi.

Bandara Soekarno-Hatta memiliki beberapa rute internasional, seperti dari dan ke Hong Kong, Dubai, Doha, Abu Dhabi, Jeddah, dan Melbourne.

Baca juga: 4 Fasilitas Digital di Terminal 3 Bandara Soetta

2. Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali

Salah satu bandara internasional di Indonesia, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.Humas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Salah satu bandara internasional di Indonesia, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Bandara I Gusti Ngurah Rai yang memiliki kode DPS adalah bandara internasional di Indonesia yang paling banyak menerima wisatawan mancanegara (wisman) dibanding bandara internasional lainnya di tanah air.

Hal tersebut diungkapkan melalui data jumlah kunjungan wisman milik Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017 – 2020.

Bandara tersebut memiliki beberapa rute internasional, seperti dari dan ke Ho Chi Minh, Istanbul, Sydney, dan kota-kota lain yang tersebar di Asia, Australia, Timur Tengah, dan Eropa. Bandara I Gusti Ngurah Rai berlokasi di Badung, Bali.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.