Tutup Jalur Pendakian 24 Agustus 2020, Ini Alasan Pengelola Basecamp di Wonosobo

Kompas.com - 22/08/2020, 17:44 WIB
Pos III Pestan Gunung Sumbing via Garung. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPos III Pestan Gunung Sumbing via Garung.

KOMPAS.com - Semua basecamp gunung di wilayah Kabupaten Wonosobo resmi akan ditutup kembali mulai Senin (24/8/2020).

Keputusan itu dihasilkan berdasarkan rapat yang digelar pengelola basecamp tersebut, Sabtu (22/8/2020).

Salah satu pengelola basecamp Gunung Sumbing via Garung, yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo bernama Iwan membeberkan alasan penutupan tersebut.

Menurut dia, semua basecamp gunung di Wonosobo sepakat untuk memilih menutup aktivitas wisata pendakian gunung akibat kasus Covid-19 yang meningkat di daerahnya.

Baca juga: Syarat Pendakian Gunung Rinjani, Harus Booking Online

"Kami memutuskan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan dan mempercepat penanganannya itu dengan cara menutup (wisata gunung)," kata Iwan saat dihubungi Kompas.com, usai rapat, Sabtu (22/8/2020).

Terkait aturan dari Pemda Wonosobo yang mewajibkan para pendaki atau wisatawan dari luar Kabupaten Wonosobo untuk rapid test, ia mengaku bahwa hal tersebut bukan menjadi pro dan kontra di kalangan basecamp.

Seorang Pendaki sedang minum di Gunung Sumbing.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seorang Pendaki sedang minum di Gunung Sumbing.

Iwan melanjutkan, pihak basecamp hanya memutuskan untuk memilih jalan lain dengan cara menutup aktivitas wisata gunung di daerah Wonosobo.

"Bukan pro kontra sebenarnya, cuma kami lebih memilih untuk sementara tutup saja. Nanti melihat perkembangan kasusnya kayak gimana. Kalau pun nanti setelah turun (kasusnya) dan diharuskan rapid test ya kami akan ikuti, tapi harus jelas aturannya," ujar dia.

Agar pendaki luar daerah tidak terpapar Covid-19

Ia juga mengungkapkan alasan lain dari semua basecamp gunung di Wonosobo menutup operasionalnya kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X