Ada Ruang Isolasi di Kereta Api untuk Penumpang dengan Suhu Tubuh Tinggi

Kompas.com - 02/09/2020, 16:10 WIB
Situasi kereta api DOKUMENTASI HUMAS KAISituasi kereta api


KOMPAS.com - Perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) semakin bertambah dengan adanya relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Oleh karena itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, salah satu pencegahan Covid-19 yang diterapkan KAI adalah menyediakan ruang isolasi sementara di kereta.

Tujuan ruang isolasi tersebut untuk menanggulangi jika ada penumpang yang tiba-tiba memiliki suhu 37,3 derajat celsius atau lebih.

"Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika di perjalanan kedapat penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celsius," kata Eva seperti dikutip rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Penanganannya pun tak cukup sampai di situ. Penumpang bersuhu 37,3 derajat tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan.

Hal ini karena, jelasnya, para penumpang kereta api akan diukur suhu tubuhnya secara berkala selama perjalanan kereta, hingga penumpang tiba di stasiun akhir.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Masyarakat Bisa Kembali Naik KA Jarak Jauh dari Stasiun Jakarta Kota

"Pengecekannya minimal tiga jam sekali," terangnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Tetap pastikan upaya pencegahan Covid-19 di stasiun maupun dalam kereta

Selain itu, upaya pencegahan Covid-19 yang dilakukan PT KAI juga terlihat di stasiun maupun di dalam kereta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X