6 Tempat Wisata di Pacitan yang Sudah Buka untuk Wisatawan Lokal

Kompas.com - 04/09/2020, 07:10 WIB
Salah Satu Pantai Cantik di Pacitan, Pantai Buyutan Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaSalah Satu Pantai Cantik di Pacitan, Pantai Buyutan

KOMPAS.com – Tujuh tempat wisata di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dibuka kembali untuk tahap simulasi sejak Jumat (28/8/2020).

“Sekarang kita sudah ada tujuh tempat wisata lagi untuk tahap simulasi,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra kepada Kompas.com, Kamis (3/9/2020).

Tujuh tempat wisata tersebut adalah Pantai Banyu Tibo, Pantai Buyutan, Pantai Srau, Sentono Gentong, Pantai Ngiroboyo, Sungai Maron, dan Pantai Taman.

Baca juga: Tempat Wisata di Pacitan yang Sudah Bisa Dikunjungi Wisatawan Nusantara, Mana Saja?

Selama tahap simulasi, tujuh tempat wisata tersebut hanya menerima wisatawan lokal saja dan belum menerima wisatawan nusantara (wisnus) atau wisatawan dari luar Pacitan.

Sebelum tujuh tempat wisata tersebut, terdapat delapan tempat wisata lain yang sudah melalui tahap simulasi sejak 11 Juli.

Pada hari yang sama tujuh tempat wisata baru memasuki tahap simulasi, delapan tempat wisata pertama sudah masuk ke tahap uji coba.

Dalam tahap uji coba, wisnus sudah bisa berkunjung dengan syarat hanya menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat berkapasitas delapan orang.

Pantai Banyu Tibo, Pacitan dengan air terjun yang langsung ke pantai.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Banyu Tibo, Pacitan dengan air terjun yang langsung ke pantai.

Baca juga: Menjelajah Banyu Tibo, Pantai dengan Air Terjun Tepi Laut di Pacitan

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut pesona tujuh tempat wisata di Pacitan yang sudah dibuka kembali untuk tahap simulasi.

1. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Tempat wisata tersebut tidak hanya memiliki pantai, juga air terjun di tepi laut.

Lokasi air terjun tersebut tidak jauh dari area parkir. Bahkan wisatawan bisa melihatnya hanya dengan sedikit menengok ke bawah dari area tersebut.

Air terjun di Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan.TAMASYEAH.COM/ALFITRAHMAT SAPUTRO Air terjun di Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan.

Apabila ingin melihatnya lebih dekat, pengunjung cukup menyeberangi sungai kecil yang merupakan sumber air terjun dan menuruni tangga kayu.

Sambil menikmati segarnya air terjun, wisatawan juga bisa bermain pasir putih yang lembut di sana. Air terjun tersebut hanya ada satu sehingga antrean cukup panjang.

Selain bermain di air terjun, pengunjung juga bisa berenang di laut, menikmati panorama alam, atau melihat hempasan ombak ke kawasan tebing di sebelah barat Pantai Banyu Tibo.

2. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Kendati pantai merupakan tujuan utamanya, namun wisatawan disuguhi “tempat wisata” lain yakni perkebunan kedelai yang Instagramable.

Baca juga: 6 Pantai Indah di Pacitan, Cocok untuk Wisata Touring Saat Libur

Hal ini lantaran tepat di ujung jalur yang melintasi perkebunan kedelai merupakan pemandangan Pantai Buyutan yang sangat biru.

Perkebunan kedelai akan menyambut wisatawan menjelang sampai Pantai Buyutan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Perkebunan kedelai akan menyambut wisatawan menjelang sampai Pantai Buyutan.

Sebelum sampai di pantai, wisatawan bisa berfoto-foto terlebih dahulu di hamparan perkebunan yang berwarna hijau bercampur kuning.

Sesampainya di pantai, wisatawan bisa menikmati pasir putih khas pantai-pantai di Pacitan yang halus. Selain bermain pasir, pengunjung juga bisa bermain di tepi laut.

Kendati demikian, kegiatan berenang tidak dianjurkan. Jika ingin berswafoto ria, wisatawan bisa menuju sebelah barat pantai ke area bebatuan yang terlihat menarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X