Cara Booking Online Pendakian Gunung Semeru, Wajib bagi Calon Pendaki

Kompas.com - 22/09/2020, 17:05 WIB
KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Lanskap Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (20/9/2019). Ranu Kumbolo menjadi sumber mata air bagi pendaki yang akan naik ke puncak Gunung Semeru. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOKEINDAHAN ALAM INDONESIA - Lanskap Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (20/9/2019). Ranu Kumbolo menjadi sumber mata air bagi pendaki yang akan naik ke puncak Gunung Semeru.

KOMPAS.com - Jalur pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur akan dibuka kembali mulai Kamis (1/10/2020). Pengumuman itu disampaikan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), Senin (21/9/2020).

Pembukaan kembali pendakian Gunung Semeru itu memiliki berbagai persyaratan, salah satunya pendaki wajib melakukan booking online.

Syarat itu tertuang dalam Pengumuman Nomor: PG.09/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/9/2020 tentang Reaktivasi Bertahap Pendakian Gunung Semeru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Menuju Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Baca juga: Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka 1 Oktober, Maksimal 120 Pendaki Per Hari

"Pembelian karcis masuk melalui booking online di bookingsemeru.bromotenggersemeru.org," tulis surat yang ditandatangani Kepala BBTNBTS John Kenedie, Senin (21/9/2020).

Jika kamu tengah bersiap mendaki gunung berketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, tetapi masih bingung cara daftar online-nya, berikut Kompas.com rangkum 10 langkah cara booking online pendakian Gunung Semeru:

1. Buka https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum mengunjungi TNBTS untuk mendaki Gunung Semeru, kamu wajib mendaftar online melalui situs bookingsemeru.bromotenggersemeru.org.

Kamu bisa membuka situs tersebut dengan browser google chrome agar pendaftaran lebih lancar.

Tampilan pertama, kamu akan melihat di layar laptop atau gadget-mu yaitu tulisan Booking Online Pendakian Semeru.

Baca juga: 3 Tempat Lihat Embun Es di Gunung Semeru dan Bromo

Ada banyak menu yang bisa dilihat mulai dari Home, SOP, Tutorial Booking, Pembayaran dan Admin.

Kamu bisa mengklik kolom Booking Sekarang Juga untuk melakukan pendaftaran online.

2. Cermati SOP Pendakian

Selanjutnya, kamu akan tiba di menu SOP. Kamu bisa mencermati SOP yaitu Standar Operasional Prosedur pendakian Gunung Semeru.

Tampak suasana ramai di kawah Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur.Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tampak suasana ramai di kawah Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur.

Pada menu tersebut, terdapat sub-sub SOP, mulai dari kuota, pendaftaran pendakian, tarif dan pembayaran karcis masuk, pelaksanaan pendakian, serta larangan dan sanksi.

Bacalah terlebih dahulu seluruh SOP pendakian. Jika sudah membacanya, kamu bisa klik menu Selanjutnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.