Nama Hotel Isolasi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Tidak Dipublikasi, Ini Alasannya

Kompas.com - 26/09/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi - Kamar hotel Shutterstock/Dragon ImagesIlustrasi - Kamar hotel

KOMPAS.com – Sebanyak 13.351 kamar hotel yang tersebar di sembilan provinsi di Indonesia telah bekerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan fasilitas isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala, atau orang tanpa gejala (OTG).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran menuturkan, nama-nama hotel tersebut tidak akan dipublikasi jika masih dalam keadaan standby.

“Daftar nama-nama hotel tidak diumumkan. Agak berat juga untuk memberikan nama karena status mereka belum ditetapkan sebagai tempat isolasi,” kata Maulana kepada Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

 Baca juga: Syarat Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

Adapun, hotel dalam keadaan standby adalah hotel-hotel dalam daftar hotel isolasi yang masih belum dimanfaatkan pemerintah karena suatu daerah masih belum mengalami kekurangan fasilitas karantina.

Selama status hotel masih standby dan belum dinyatakan dan dipublikasikan oleh pemerintah sebagai fasilitas karantina OTG, mereka masih bisa menerima tamu.

“Itu bisa berdampak bagi pelaku. Kasihan juga hotel. Waktu itu kita sempat berikan (daftar nama hotel), tapi berdampak di publik. Media-media langsung menghubungi hotel,” ungkap Maulana.

“Itu yang bikin tidak nyaman. Kasihan tamu yang di dalam padahal itu baru usulan,” imbuhnya.

 Baca juga: Hotel Isolasi Pasien Covid-19 Masih Bisa Terima Tamu, tetapi..

Sebelumnya, Maulana mengungkapkan 27 nama hotel di Jakarta yang akan dijadikan sebagai tempat isolasi OTG.

Pernyataan itu Maulana sampaikan dalam konferensi pers yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (18/9/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X