Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2020, 21:09 WIB
Lenny Septiani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kota Palembang sebagai kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan, memiliki potensi wisata yang tak boleh diragukan.

Tidak hanya pempek dan Jembatan Ampera, Kota Palembang juga menyimpan warisan sejarah dan budaya yang menarik, serta memberi pengetahuan dan wawasan kepada wisatawan.

Mulai dari pulau hingga wisata air, simak 25 tempat wisata di Palembang yang harus dikunjungi saat berlibur.

1. Pulo Kerto

Pulo Kerto merupakan kawasan agropolitan dan agrowisata yang terletak di Kecamatan Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Salah satu contoh agrowisata di Pulo Kerto adalah Kebun Wisata dan Edukasi Herbal Pulokerto sebagai kebun tanaman hortikultura dengan 220 jenis tanaman herbal.

Pulo Kertopalembang-tourism Pulo Kerto

Di kawasan Pulo Kerto, pengunjung juga dapat melihat burung-burung punai cantik yang melintas dengan anggun di kawasan ini.

Pengunjung yang ingin berkunjung dapat berkunjung tanpa membayar tiket masuk alias gratis.

Kawasan ini dapat dicapai dengan melalui jalur darat dari pusat Kota Palembang, dalam waktu tempuh sekitar 40 menit.

2. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro salah satu destinasi dengan kisah yang melegenda di Palembang. Pulau ini terbentuk melalui proses alami dari tanah dan lumpur yang terkumpul di muara sungai.

Pulau Kemaro tepatnya terletak di tengah Sungai Musi, secara administratif ada di Kecamatan Ilir Timur II.

 

Kompleks Kelenteng dan Pagoda Hok Cing Bio di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/1/2014), dilihat dari Sungai Musi. Pulau di tengah Sungai Musi ini menjadi tujuan ratusan ribu orang dari sejumlah daerah setiap perayaan Cap Go Meh atau bulan purnama pertama setelah Imlek. KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUM Kompleks Kelenteng dan Pagoda Hok Cing Bio di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/1/2014), dilihat dari Sungai Musi. Pulau di tengah Sungai Musi ini menjadi tujuan ratusan ribu orang dari sejumlah daerah setiap perayaan Cap Go Meh atau bulan purnama pertama setelah Imlek.

Destinasi favorit Palembang ini memiliki situs sejarah, seperti Pagoda, Klenteng Hok Tjing Rio, Pohon Cinta, dan makam penunggu pulau.

Baca juga: Tempat Wisata Favorit di Palembang, Pulau Kemaro yang Melegenda

Untuk merasakan liburan yang tak terlupakan di Pulau Kemaro, waktu paling pas untuk berkunjung adalah saat perayaan Cap Go Meh atau 15 harian Tahun Baru Imlek.

Mencapai Pulau Kemaro dapat dilakukan melalui Dermaga Kuto besak dan menyewa kapal sesuai kapasitas. Harga sewa kapal beragam, mulai Rp 200.000-Rp 2 juta rupiah.

3. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera merupakan ikon Kota Palembang yang sangat populer dan pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara.

Jembatan Ampera memiliki panjang lebih dari 1.000 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter. Lokasinya ada di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang.

Jembatan Ampera di Palembang. SHUTTERSTOCK/RYAN ZULQUDSIE Jembatan Ampera di Palembang.

Untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018, Jembatan Ampera di renovasi dengan dipasangi dua jam analog berukuran besar di kedua menara jembatan.

Jembatan dengan tampilan dan cantik dan modern ini kian menawan dengan lampu yang menghiasi pada malam hari.

4. Kambang Iwak

Kambang Iwak berupa kawasan taman dengan danau dihiasi dengan pohon-pohon rindang nan hijau dan menyejukkan.

Tempat wisata ini terletak di Jalan Tasik, Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang.

Kambang Iwakpalembang-tourism Kambang Iwak

Di Kambang Iwak, pengunjung dapat bersantai melepas penat, berolahraga, atau sekadar berfoto ria.

Untuk menunjang rekreasi pengunjung, tersedia fasilitas yang cukup lengkap, seperti area parkir, jogging track, tempat makan, toilet, arena bermain anak, keran air minum, bangku, hingga area WiFi.

Pengunjung tidak akan dipungut biaya apa pun atau gratis untuk dapat berwisata di Kambang Iwak.

5. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho dengan nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho merupakan masjid unik dengan gaya arsitektur perpaduan budaya Palembang, Tionghoa, dan Arab.

Masjid Cheng Ho di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.Kompas.com/Andi Hartik Masjid Cheng Ho di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

Masjid yang merupakan simbol multikultural di Palembang itu terletak di Jalan Pangeran Ratu Perumahan TOP Atlet, Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi

Masjid Cheng Ho dilengkapi rumah imam, perpustakaan masjid, Tempat Pendidikan Al-Quran untuk anak-anak, dan ruang serba guna.

Pengunjung yang ingin berwisata religi atau sekadar berfoto di masjid ini tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com